kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Satgas 115 bakal dibuat lebih ampuh


Kamis, 01 Desember 2016 / 15:54 WIB
Satgas 115 bakal dibuat lebih ampuh

Sumber: Antara | Editor: Adi Wikanto

JAKARTA. Pemerintah mewacanakan perluasan peran Satgas 115 dari hanya mengatasi pencurian ikan kepada berbagai kejahatan yang terjadi di wilayah kelautan nasional. Mengingat, kejahatan di laut tidak hanya sekadar pencurian ikan.

"Satgas 115 akan diubah menjadi satgas yang diperluas untuk ocean crime (kejahatan kelautan)," kata Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, dalam acara seminar nasional kemaritiman yang digelar Ikatan Alumni Universitas Diponegoro di Jakarta, Kamis (1/12).


Menurut Susi, dengan ocean crime maka hal yang diurus oleh satgas tersebut tidak hanya tindak pidana penangkapan ikan secara ilegal tetapi untuk setiap kejahatan atau kriminalitas yang terkait dengan laut.

Susi mengungkapkan, setelah lama bergelut memberantas pencurian ikan, dirinya menyadari bahwa ilegal fishing tidak hanya sebatas soal ikan tetapi juga tindak kejahatan lainnya.

Susi mencontohkan, kejahatan di laut juga bisa terkait dengan penyelundupan barang mulai dari barang-barang seperti semen dan triplek ke sejumlah tempat yang disuplai secara ilegal oleh kapal penyelundup. "Yang lebih parah lagi, mereka juga dapat menyelundupkan narkoba dan senjata api," katanya.

Sebelumnya, pada Senin (21/11), Susi menyatakan Satuan Tugas Pemberantasan Penangkapan Ikan Secara Ilegal atau disebut Satgas 115 meraih keberhasilan secara nilai ekonomi dalam memberantas pencurian ikan.

"Apa yang dilakukan Satgas 115 hasilnya sangat luar biasa. PDB (Produksi Domestik Bruto) Perikanan tumbuh hampir 40% dari sebelumnya," katanya.

Ia juga mengungkapkan, kinerja Satgas 115 juga meningkatkan Nilai Tukar Nelayan yang mengindikasikan kesejahteraan nelayan dan anggota keluarganya juga mengalami peningkatan.

Satgas 115 ini dibentuk atas dasar melihat situasi, di mana persoalan negara yang sangat luar biasa dalam memerangi pidana pencurian ikan. "Perang melawan 'ilegal fishing' menjadi satu program utama yang diminta oleh Pak Presiden untuk dieksekusi. Ini tidak boleh ada intervensi. Dari situlah kita mulai," katanya.

Selain itu, Susi menegaskan bahwa Satgas 115 merupakan sinergi penegakan hukum di Indonesia, khususnya dalam melawan kegiatan penangkapan ikan secara ilegal.




TERBARU

×