kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.007,64   -3,10   -0.31%
  • EMAS988.000 -0,60%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

Gubernur BI Paparkan 3 Kunci Utama Dorong UMKM Dalam Negeri


Jumat, 27 Mei 2022 / 13:25 WIB
Gubernur BI Paparkan 3 Kunci Utama Dorong UMKM Dalam Negeri
ILUSTRASI. Gubernur BI Perry Warjiyo saat Finance Central Bank Deputies (FCBD) Meetings di Nusa Dua, Bali, Kamis (9/12/2021).


Reporter: Siti Masitoh | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank Indonesia (BI) kembali membuka acara Karya Kreatif Indonesia (KKI) kembali dibuka pada tahun ini. Acara pembukaan KKI ini diresmikan pada Jumat, (27/5), dengan bertemakan UMKM Indonesia Bangkit melalui Digitalisasi dan Globalisasi Menuju Pertumbuhan Ekonomi yang Berkelanjutan.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengtakan dalam tema KKI tahun ini mengusung tiga kunci  utama yaitu  sinergi, digitalisasi, dan globalisasi. “Ada tiga kata kunci di dalam tema ini, satu sinergi, dua digitalisasi, tiga adalah globalisasi. Itulah tiga kata kunci untuk kita bangkit, membangkitkan UMKM dari kekayaan nasional menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi nasional dan juga secara global,” tutur Perrry, Jumat (27/5).

Pertama sinergi, lanjut Perry, pihaknya akan kita membangkitkan UMKM dari daerah ke nasional, dan dari nasional ke global. Dengan sinergi itulah pihaknya akan terus meningkatkan kebangkitan  UMKM menuju  pemulihan ekonomi ke depan.

Kedua, untuk digitalisasi, menurutnya adalah cara yang efektif dan efisien  untuk  membangkitkan UMKM agar tidak hanya menjadi sukses di nasional melainkan bisa tembus ke global.  

Baca Juga: Bank Indonesia Dukung UMKM Tembus Pasar Internasional Melalui Karya Kreatif Indonesia

“Untuk itu BI terus melakukan  digitalisasi sistem pembayaran agar proses transaksi ekonomi UMKM bisa secara cepat melalui sistem pembayaran baik melalui Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) maupun BI-FAST,” jelasnya.

Ketiga, melalui globalisasi, Perry menuturkan, adanya acara KKI bisa menampilkan dan memperkenalkan produk-produk unggulan dalam negeri, yang berkualitas ekspor dan juga  dengan kualitas harga produsen.

Di sisi lain, proses digitalisasi juga terus dilakukan lewat berbagai cara. Melalui KKI 2022, BI hendak menampilkan produk-produk unggulan UMKM berkualitas ekspor.

Ia juga akan terus mendorong UMKM agar segera memenuhi persyaratan secara nasional maupun global. Termasuk yang pihaknya lakukan dengan mengadakan  20 event, business matching, proses pembiayaan, dan juga menyambungkan dengan para pembeli-pembeli di tingkat global.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×