kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45900,82   11,02   1.24%
  • EMAS1.333.000 0,45%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sandiaga Optimistis Perputaran Ekonomi Parekraf Capai Rp 100 Triliun di Libur Lebaran


Rabu, 05 April 2023 / 09:25 WIB
Sandiaga Optimistis Perputaran Ekonomi Parekraf Capai Rp 100 Triliun di Libur Lebaran
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. Perputaran Ekonomi Saat Libur Lebaran di Sektor Parekraf Bisa Tembus Rp 100 Triliun.


Reporter: Venny Suryanto | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memperkirakan perputaran ekonomi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) saat momen mudik dan libur lebaran tahun 2023 akan mencapai Rp 100 triliun hingga Rp 150 triliun. 

Jumlah itu meningkat hampir dua kali lipat dari libur lebaran tahun 2022. 

Kemenparekraf menargetkan 25% atau 300 juta sampai 350 juta pergerakan dari target 1,4 miliar mobilitas wisatawan nusantara tahun ini akan tercapai. Data Kementerian Perhubungan menyebutkan ada 123,8 juta wisatawan yang akan melakukan perjalanan saat libur lebaran 2023. 

Baca Juga: Sandiaga Uno Harap Ideathon di NTT Tumbuhkan Ekosistem Event Kelas Dunia

“Angka 123,8 juta ini merupakan kenaikan dari tahun lalu yang menghasilkan sekitar Rp 70 triliun. Maka, kita menargetkan perputaran ekonomi di sektor parekraf tahun ini antara Rp 100 triliun sampai 150 triliun. Mudah-mudahan ini bisa membangkitkan ekonomi di daerah selama periode mudik libur lebaran,” kata Sandiaga dalam keterangan resminya, Rabu (5/3). 

Kemenparekraf akan berkoordinasi dengan perangkat daerah dan stakeholders terkait untuk mengantisipasi potensi lonjakan wisatawan saat libur lebaran. Diharapkan semua pihak selalu memperhatikan aspek-aspek yang berkaitan dengan CHSE, terutama keselamatan dan keamanan.

Selain itu, Kemenparekraf juga berkoordinasi dengan K/L terkait salah satunya Korlantas Polri untuk memetakan beberapa lokasi yang berpotensi mengalami kepadatan selama libur lebaran.

Baca Juga: Aplikasi LinkAja Berkolaborasi dengan Mineski Hadirkan Fitur Mgames

"Khususnya di tempat wisata yang sering dikunjungi untuk kebutuhan rekayasa lalu lintas, rambu-rambu dan petunjuk portable untuk wisatawan juga harus disiapkan,” tutupnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×