kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,58   -16,96   -1.87%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sandiaga: Kendaraan Melintas Jalur Puncak Bisa 4 Kali Lipat pada Musim Mudik Lebaran


Selasa, 09 April 2024 / 14:49 WIB
Sandiaga: Kendaraan Melintas Jalur Puncak Bisa 4 Kali Lipat pada Musim Mudik Lebaran
ILUSTRASI. Sejumlah kendaraan melintas di Simpang Gadog, Ciawi menuju jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (29/12/2023). Polres Bogor menutup jalur wisata Puncak, Kabupaten Bogor pada tanggal 31 Desember 2023 dan memberlakukan malam tanpa kendaraan bermotor (car free night) di malam pergantian Tahun Baru 2024 mulai pukul 18.00 WIB hingga pukul 01.00 WIB. ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/aww.


Reporter: Rashif Usman | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan jumlah masyarakat yang akan melintasi jalur Puncak pada musim mudik dan libur lebaran tahun ini diperkirakan mencapai antara 140 ribu sampai 160 ribu. 

Jumlah ini empat kali lipat dari daya tampung kapasitas jalan. 

"Ini berarti harus ada beberapa rekayasa maupun kesiapan destinasi, lalu jalur-jalur alternatif juga sudah harus disiapkan," kata Sandiaga dalam siaran persnya, Senin (8/4).

Baca Juga: Bos PLN Inspeksi SPKLU di Beberapa Wilayah Jalur Mudik Lebaran

Sandiaga mengatakan jalur Puncak tersebut selalu menjadi pilihan utama untuk wisatawan tapi juga menjadi pilihan bagi para pemudik terutama yang kendaraan roda dua. 

"Kami melihat kesiapan dari jalur mudik yang juga bersinergi dengan jalur wisata," ucapnya.

Sandiaga juga mengapresiasi kolaborasi dari semua pihak dalam menghadirkan dan mendukung momen mudik dan libur lebaran tahun ini dengan aman dan nyaman. 

"Saya mengucapkan terima kasih kepada TNI dan Polri, Basarnas, dinas kesehatan, dan semua yang sudah terlibat di bawah koordinasi Pak Pj (Bupati Bogor). Mudah-mudahan liburan kali ini lebih baik dari tahun lalu dan dampak ekonomi untuk masyarakatnya semakin luas," jelasnya.

Baca Juga: Penumpang Bandara Kertajati Capai 1.900 Orang per Hari di Periode Angkutan Lebaran

Dalam kesempatan yang sama, Pj Bupati Bogor, Asmawa Tosepu, mengatakan pihaknya bersama seluruh instansi terkait siap menyambut kehadiran masyarakat selama musim mudik dan libur lebaran tahun ini. 

Ia mengatakan di Kabupaten Bogor, tepatnya di sepanjang jalur Puncak memang terdapat banyak destinasi wisata juga sentra ekonomi kreatif favorit masyarakat. 

"Maka kami mempersiapkan semua, tidak hanya infrastruktur fisik dan kesiapan di lapangan. Terkait mitigasi bencana di lokasi-lokasi wisata juga sudah kita persiapkan dan akan ditugaskan personel untuk standby di semua tempat dalam rangka memastikan dukungan kepada wisatawan yang berlibur. Karena (tahun) ini cukup panjang liburannya," ujar Asmawa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×