kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.001,74   -2,58   -0.26%
  • EMAS981.000 0,10%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Sambut kenormalan baru, rumah ibadah bakal dibuka secara bertahap


Rabu, 27 Mei 2020 / 14:44 WIB
Sambut kenormalan baru, rumah ibadah bakal dibuka secara bertahap
ILUSTRASI. Menteri Agama Fachrul Razi

Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Agama Fachrul Razi mengatakan, kegiatan beribadah di rumah ibadah akan dibuka secara bertahap menyusul kebijakan pemerintah terkait kenormalan baru. 

"Secara bertahap kegiatan ibadah di rumah ibadah dibuka kembali dengan tetap menaati prosedur standar tatanan new normal," kata dia usai rapat terbatas, Rabu (27/5). 

Sebelumnya kegiatan ibadah di rumah ibadah dibatasi sesuai dengan protokol Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19). Pembukaan kembali rumah ibadah tersebut berlaku wilayah yang aman dari Covid-19.

Baca Juga: Belum ada keputusan dari Arab Saudi, Jokowi diminta tunda pengiriman haji tahun ini

Pembukaan rumah ibadah akan dilakukan melihat dari tingkat penularan di satu wilayah. Rekomendasi kembali dibukanya rumah ibadah akan diberikan oleh kecamatan setempat.

Hal itu agar lingkup penentuan daerah yang aman lebih kecil lagi. Nantinya camat akan melakukan konsultasi dengan bupati dan wali kota untuk memberikan rekomendasi tersebut.

"Jadi forum komunikasi pimpinan kecamatan yang mempelajari validitas dari yang diajukan oleh kepala desa," terang Fachrul.

Rekomendasi izin untuk kembali dibukanya rumah ibadah akan dievaluasi tiap bulannya. Apabila terdapat peningkatan kasus maka izin tersebut kembali dicabut.

Pembukaan kembali rumah ibadah diberikan bagi seluruh agama. Nantinya akan dilihat muatan agama masing-masing dan juga akan dibuat protokol kesehatan dalam kegiatan agama di rumah ibadah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×