kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45801,69   11,79   1.49%
  • EMAS1.048.000 1,85%
  • RD.SAHAM 0.85%
  • RD.CAMPURAN 0.40%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.10%

Sah, DPR pilih Doni Primanto Joewono jadi Deputi Gubernur BI periode 2020-2025


Senin, 13 Juli 2020 / 15:01 WIB
Sah, DPR pilih Doni Primanto Joewono jadi Deputi Gubernur BI periode 2020-2025
ILUSTRASI. Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Doni Primanto Joewono

Reporter: Bidara Pink | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akhirnya memutuskan Doni P. Joewono sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) periode 2020 - 2025. Doni akan diangkat untuk menggantikan Deputi Gubernur BI Erwin Rijanto, yang telah berakhir masa jabatannya pada 17 Juni 2020 lalu. 

"Doni P. Joewono. Dipilih secara aklamasi, musyawarah, dan mufakat," kata Anggota Komisi XI DPR RI Hendrawan Supratikno, Senin (13/7). 

Baca Juga: Revisi UU BI, tiga calon deputi gubernur BI sepakat penguatan bank sentral

Sebelum Doni terpilih, badan legislatif melakukan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) kepadanya dan dua calon deputi gubernur BI yang lain, yaitu Juda Agung dan Aida S. Budiman. 

Saat menjalani fit and proper test tersebut, Doni menjabat sebagai Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Sumber Daya Manusia BI.

Sebelum bergabung dengan bank sentral Indonesia pada tahun 1988, Doni menempuh pendidikan Ekonomi dan Studi Pembangunan Universitas Sebelas Maret (UNS). Setelah itu, pada tahun 2004, ia melanjutkan pendidikan pascasarjana di Universitas Indonesia (UI) jurusan Administrasi.

Doni memulai kariernya di BI sebagai analis di Departemen Pengelolaan Moneter pada tahun 1991, dan kemudian ia sempat ditempatkan bidang statistik.

Pada tahun 2005 - 2007, Doni bertugas menjadi Peneliti Ekonomi Senior di Kantor Perwakilan BI London. Dari sana, dia kembali ke tanah air dan ditempatkan di Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter.

Baca Juga: Calon Deputi Gubernur BI Doni P. Joeono angkat suara soal RUU Bank Indonesia

Doni juga pernah dipercaya untuk memimpin Kantor Perwakilan Bank Indonesia di Solo, DKI Jakarta, dan Jawa Barat.

Saat berada di lingkungan bank sentral, Doni banyak terlibat dalam membangun sistem pengelolaan moneter, seperti mempersiapkan terbitnya obligasi Pemerintah, membangun sistem lalu lintas devisa (LLD), dan mengkoordinasikan penyelenggaraan Rakornas TPID.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×