kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rumah Rusak Akibat Gempa Cianjur Akan Dapat Bantuan Hingga Rp 50 Juta, Ini Rinciannya


Rabu, 23 November 2022 / 04:25 WIB
Rumah Rusak Akibat Gempa Cianjur Akan Dapat Bantuan Hingga Rp 50 Juta, Ini Rinciannya


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo memastikan, pemerintah akan memberikan bantuan dana kepada warga yang rumahnya terdampak gempa bumi. 

Mengutip laman setkab.go.id, bantuan tersebut terdiri atas tiga jenis yang disesuaikan dengan tingkat kerusakan rumah yang diakibatkan gempa. Adapun rinciannya sebagai berikut:

1. Bantuan Rp 50 juta untuk rumah yang mengalami kerusakan berat
2. Bantuan Rp 25 juta untuk rumah yang mengalami kerusakan sedang
3. Bantuan Rp 10 juta untuk rumah yang mengalami kerusakan ringan

Namun, Jokowi menekankan, yang paling penting untuk  pembangunan kembali rumah-rumah yang terkena gempa bumi ini adalah pembangunan wajib untuk memakai standar-standar bangunan yang anti gempa oleh Menteri PUPR. 

"Karena tadi disampaikan oleh BMKG bahwa gempa ini adalah gempa 20 tahunan, sehingga pembangunan rumahnya kita arahkan untuk rumah yang anti gempa,” ujar Presiden.

Baca Juga: Presiden Instruksikan untuk Segera Buka Akses Daerah Terisolasi Akibat Gempa Cianjur

6.570 Rumah rusak berat

Melansir Kontan, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto mengungkapkan, terdapat 12 kecamatan yang terdampak dari adanya gempa di Kabupaten Cianjur pada 21 November kemarin. Dari 12 kecamatan ini, masing-masing kecamatan sudah berdiri tempat-tempat pengungsian. 

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto merinci, 12 kecamatan tersebut ialah, Kecamatan Cianjur, Kecamatan Karang Tengah, Kecamatan Warungkondang, Kecamatan Cugenang, Kecamatan Cilaku, Kecamatan Cibeber, Kecamatan Sukaresmi, Kecamatan Bojong Picung, Kecamatan Cikalong Kulon, Kecamatan Sukaluyu, Kecamatan Pacet dan Kecamatan Gebrong.

Kemudian kerugian material, yakni rumah rusak berat 6.570 unit, rumah rusak sedang itu 20.171 unit dan rumah yang rusak ringan ada 12.641 unit. 

Baca Juga: Jokowi Gelar Ratas di Lokasi Pengungsian Gempa Cianjur, Instruksikan Ini

Suharyanto mengatakan saat ini pihaknya masih terus melakukan pendataan mengenai rumah yang mengalami kerusakan. 

"Kami usahakan yang masih mengungsi di titik-titik dekat rumahnya ini bisa masuk ke tempat-tempat pengungsian terpusat agar lebih terjamin dari segi perawatan pelayanan maupun logistiknya," kata Suharyanto dalam konferensi pers virtual, Selasa (22/11).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×