kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.443.000   4.000   0,28%
  • USD/IDR 15.405   0,00   0,00%
  • IDX 7.812   13,98   0,18%
  • KOMPAS100 1.184   -0,59   -0,05%
  • LQ45 959   0,88   0,09%
  • ISSI 227   0,13   0,06%
  • IDX30 489   0,88   0,18%
  • IDXHIDIV20 590   1,24   0,21%
  • IDX80 134   -0,05   -0,04%
  • IDXV30 139   -1,25   -0,90%
  • IDXQ30 163   0,24   0,15%

Resmi, Jemaah Umrah Wajib Vaksini Meningitis, Ini Cara Mendapatkan & Harga Per Suntik


Senin, 22 Juli 2024 / 05:05 WIB
Resmi, Jemaah Umrah Wajib Vaksini Meningitis, Ini Cara Mendapatkan & Harga Per Suntik
ILUSTRASI. Resmi, Jemaah Umrah Wajib Vaksini Meningitis, Ini Cara Mendapatkan & Harga Per Suntik


Reporter: Adi Wikanto, Lidya Yuniartha | Editor: Adi Wikanto

Vaksin Meningitis Umrah-KONTAN.CO.ID - Pemerintah Arab Saudi mewajibkan jemaah haji dan umrah melakukan suntik vaksin meningitis. Bagaimana cara mendapatkan vaksin meningitis untuk umrah? Berapa harga vaksin meningitis?

Wajib vaksin meningitis termuat dalam aturan terbaru Kementerian Kesehatan Iewat Surat Edaran Nomor HK.02.02/A/3717/2024 tentang Pelaksanaan Vaksinasi Meningitis Bagi Jamaah Haji dan Umrah.

Sebelumnya, syarat vaksinasi meningitis bagi jemaah umrah adalah "direkomendasikan" dan sekarang menjadi "kewajiban"

Direktur Surveilans dan Kekarantinaan Kesehatan Kemenkes Achmad Farchanny Tri Adryanto menjelaskan alasan penerbitan surat edaran wajib vaksin meningitis untuk umrah tersebut.

"Surat Edaran dari Kementerian Kesehatan RI adalah menindaklanjuti Surat Edaran Kewajiban Vaksinasi bagi Pelaku Perjalanan yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan Arab Saudi," jelas Farchanny dalam keterangan tertulis yang dikutip melalui situs resmi Kemenkes.

Berdasarkan nota diplomatik Kedutaan Kerajaan Arab Saudi tanggal 20 Mei 2024 melalui Kementerian Luar Negeri Nomor 211-4239, Pemerintah Kerajaan Arab Saudi melalui otoritas terkait, Kementerian Kesehatan Arab Saudi, telah memperbarui ketentuan kesehatan pada jemaah melalui Umrah Health Requirements and Recommendations for Travelers to Saudi Arabia for Umrah – 1445 H (2024).

Ketetapan yang ada dalam surat ditujukan bagi dinas kesehatan, unit pelaksana teknis (UPT) bidang kekarantinaan kesehatan, serta fasilitas pelayanan kesehatan yang melaksanakan vaksinasi pelaku perjalanan Internasional untuk dapat melayani calon pelaku perjalanan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Farchanny mengatakan, syarat wajib vaksinasi meningitis mulai dilakukan ketat oleh otoritas penerbangan Kementerian Perhubungan Arab Saudi sejak Juli 2024. Jemaah umrah yang hendak masuk ke Arab Saudi akan dicek pencatatan vaksinasi meningitis yang diperolehnya.

"Kewajiban vaksinasi, terutama vaksinasi meningitis meningokokus bagi jemaah umrah dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan Arab Saudi pada tahun 2024 ini, dan pemberlakukan secara ketat baru diberlakukan oleh otoritas penerbangan Kementerian Perhubungan Arab Saudi mulai bulan Juli 2024," katanya.

Dia menambahkan, syarat wajib vaksinasi untuk mencegah infeksi meningitis mulai berlaku untuk musim haji dan umrah tahun 2024. Diharapkan calon jemaah umrah yang akan pergi ke Arab Suci dapat melengkapi dokumen keberangkatan dengan vaksinasi meningitis.

Cara mendapatkan vaksin meningitis umrah

Dilansir dari Kompas.com, vaksin meningitis umrah dapat diakses di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bidang Kekarantinaan Kesehatan yang tersebar di seluruh Indonesia. Farchanny mengatakan, vaksin meningitis umrah ini juga bisa diperoleh di fasilitas kesehatan yang menyediakan layanan vaksinasi internasional, baik rumah sakit maupun klinik.

Berdasarkan data Kemenkes, terdapat lebih dari 1.200 fasilitas kesehatan di Indonesia yang menyelenggarakan vaksinasi internasional, termasuk vaksin meningitis umrah. “Stok vaksin meningitis di UPT Bidang Kekarantinaan Kesehatan masih cukup untuk pemenuhan vaksinasi terhadap pelaku perjalanan," ucap Farchanny.

Pelayanan UPT Bidang Kekarantinaan Kesehatan dilaksanakan sesuai dengan regulasi yang berlaku melalui Peraturan Pemerintah Nomor 64 Tahun 2019, termasuk juga dengan standar biaya vaksin meningitis.

Farchanny berharap, baik rumah sakit maupun klinik, dapat menerapkan standar biaya vaksin meningitis dengan nominal yang sama. "Jika calon pelaku perjalanan mendapati harga yang tidak wajar, dapat mencari fasilitas kesehatan lain yang mengenakan tarif secara wajar," sarannya.

Pelaksanaan vaksinasi meningitis merupakan salah satu upaya pemerintah memberikan perlindungan kepada masyarakat melalui pencegahan dan pengendalian terhadap penyakit tertentu pada situasi tertentu.

Utamanya, persiapan keberangkatan calon jemaah haji dan umrah, persiapan perjalanan menuju atau dari negara endemis penyakit tertentu, dan kondisi kejadian luar biasa/wabah penyakit tertentu pada suatu negara. Pelaksanaan vaksinasi internasional juga dilakukan berdasarkan permintaan dari negara tujuan pelaku perjalanan dengan pertimbangan tertentu.

Harga vaksin meningitis

Mengutip website Kementerian Perhubungan, Badan Layanan Umum (BLU), Balai Kesehatan Kerja Pelayaran (BKKP) memberikan pelayanan vaksinasi kepada masyarakat, termasuk vaksin meningitis haji dan umrah bersertifikat internasional.

Adapun biaya vaksinasi meningitis sebesar Rp 330.000. Selain vaksinasi haji dan umroh, BKKP juga melayani vaksin lain, seperti Yellow Fever (Demam Kuning), Typhoid, MMR, Influenza Flubio, Influenza Tetravalen, Hepatitis A, dan Hepatitis B.

Baca Juga: Ada Aturan Baru, Jemaah Umrah Wajib Vaksinasi Meningitis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management Principles (SCMP) Mastering Management and Strategic Leadership (MiniMBA 2024)

[X]
×