kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Resmi Berlaku, Harga Minyak Goreng Turun Mulai Selasa (1/2), di Indomaret Bisa Gratis


Selasa, 01 Februari 2022 / 06:46 WIB
Resmi Berlaku, Harga Minyak Goreng Turun Mulai Selasa (1/2), di Indomaret Bisa Gratis
ILUSTRASI. Resmi Berlaku, Harga Minyak Goreng Turun Mulai Selasa (1/2), di Indomaret Bisa Gratis


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Harga minyak goreng turun mulai hari ini, Selasa 1 Februari 2022. Walaupun sudah murah, konsumen masih mendapatkan minyak goreng secara gratis di salah satu minimarket karena ada promo.

Harga minyak goreng turun karena Kementerian  Perdagangan (Kemendag) menerapkan  kebijakan Domestic Market Obligation (DMO) dan Domestic  Price Obligation (DPO). Bersamaan dengan kebijakan ini, kebijakan satu harga harga minyak goreng Rp 14.000/liter berakhir.

Kemendag menerapkan kebijakan DMO dan DPO minyak goreng mulai 27 Januari  2022. Dengan kebijakan DMO dan DPO tersebut, Menteri Perdagangan M. Lutfi menyatakan Harga  Eceran Tertinggi (HET) minyak goreng berlaku baru. HET minyak goreng menyebabkan harga turun dan berlaku mulai 1 Februari 2022.

Berikut rincian harga eceran tertinggi / HET minyak goreng mulai 1 Februari 2022:

  • Harga minyak goreng curah sebesar Rp 11.500/liter,
  • Harga minyak goreng kemasan sederhana sebesar Rp 13.500/liter,
  • Harga minyak goreng kemasan premium sebesar Rp 14.000/liter.

Baca Juga: Katalog promo Tupperware November 2021, diskon 40% penyimpan bumbu & bahan masakan

Lutfi menjelaskan kebijakan DMO dan DPO bisa menurunkan harga minyak goreng karena mempertimbangkan hasil evaluasi pelaksanaan  kebijakan minyak goreng  satu  harga  yang  telah  berlangsung  selama satu minggu terakhir.

"Mekanisme kebijakan DMO atau  kewajiban  pasokan  ke  dalam  negeri  berlaku  wajib  untuk seluruh  produsen  minyak  goreng  yang  akan  melakukan  ekspor.  Nantinya,  seluruh  eksportir yang  akan  mengekspor  wajib  memasok  minyak  goreng  ke  dalam  negeri  sebesar  20  persen dari volume ekspor mereka masing–masing,” jelas Mendag Lutfi dalam keterangan tertulis.

Mendag menjelaskan, kebutuhan minyak goreng nasional pada 2022 adalah sebesar 5,7 juta kilo liter. Untuk kebutuhan rumah tangga diperkirakan sebesar 3,9 juta kilo liter,yang terdiri dari 1,2 juta kilo liter kemasan premium, 231 ribu kilo liter kemasan sederhana, dan 2,4 juta kilo liter curah.

Sedangkan, untuk kebutuhan industri adalah sebesar 1,8 juta kilo liter. "Seiring  dengan penerapan  kebijakan DMO, kami menerapkan  kebijakan DPO yang ditetapkan sebesar Rp 9.300/kg untuk CPO dan Rp 10.300/liter untuk olein,” jelas Mendag.

Dengan kebijakan DPO tersebut, harga minyak goreng bisa ditekan turun.

Meski harga minyak goreng akan turun lagi, Lutfi mengingatkan masyarakat tidak perlu panic buying. "Kami  kembali  mengimbau masyarakat untuk tetap bijak dalam membeli dan tidak melakukan panic buying karena pemerintah  menjamin  stok  minyak  goreng tetap  tersedia dengan  harga  terjangkau.  Selain  itu,  Pemerintah juga  akan  mengambil  langkah-langkah hukum  yang  sangat  tegas  bagi  para  pelaku usaha yang melanggar ketentuan,” jelas Lutfi.

Minyak goreng gratis

Walaupun sudah murah, masih ada promo minyak goreng gratis yang bisa diperoleh konsumen. Minimarket Indomaret menawarkan promo minyak goreng atau gula gratis.

Dengan promo ini, pelanggan Indomaret berkesempatan membawa pulang 1 L minyak goreng atau 1 kg gula pasir secara gratis.

Namun promo minyak goreng gratis di Indomaret ini berlaku dengan syarat tertentu. Berikut syarat promo minyak goreng gratis di Indomaret berdasarkan publikasi di akun resmi Instagram Indomaret, @indomaret:

  • Promo minyak goreng gratis bisa didapatkan konsumen yang belanja dan bertransaksi di Indomaret menggunakan kartu debit BTN.
  • Promo minyak goreng gratis di Indomaret berlaku dengan ketentuan minimum transaksi sebesar Rp 150.000.
  • Kartu debit BTN yang berlaku untuk program promo minyak goreng gratis di Indomaret adalah kartu debit Reguler, Gold, Platinum, Syariah, dan GPN.
  • Promo minyak goreng gratis di Indomaret hanya berlaku untuk sekali transaksi per hari.
  • Promo minyak goreng gratis di Indomaret tidak berlaku untuk kelipatan, penggabungan struk, dan split transaksi.
  • Promo minyak goreng gratis di Indomaret tidak berlaku untuk transaksi produk digital, rokok, dan susu bayi di bawah 1 tahun.

Nah, syarat-syarat di atas terpenuhi, kamu akan mendapatkan promo minyak goreng gratis di Indomaret dengan merek Bimoli/Tropical/Sania. Jika tidak ingin minyak goreng, kamu bisa memilih promo gula pasir 1 kg dengan merek Indomaret/Gulaku/Rose Brand.

Promo minyak goreng gratis di Indomaret ini berlaku hingga 28 Februari 2022.

Itulah informasih penurunan harga minyak goreng dan promo minyak goreng gratis. Selamat berbelanja!

Itulah informasi penurunan harga minyak goreng. Jadi, jika ingin belanja minyak goreng, lebih baik menunggu saat harga turun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×