kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Puncak keberangkatan penumpang kereta api dari Jakarta terjadi hari ini


Rabu, 23 Desember 2020 / 12:31 WIB
Puncak keberangkatan penumpang kereta api dari Jakarta terjadi hari ini
ILUSTRASI. ANTRIAN RAPID TES ANTIGEN. KONTAN/Fransiskus Simbolon


Sumber: Kompas.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Puncak keberangkatan penumpang kereta api (KA) dari Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta selama masa Natal 2020 dan tahun baru 2021 terjadi pada hari ini, Rabu (23/12/2020). PT KAI Daop 1 mencatat, berdasarkan data reservasi, terdapat 16.700 penumpang kereta api yang berangkat dari Daop 1 pada hari ini. 

"Rinciannya, sebanyak 11.300 penumpang berangkat dari Stasiun Gambir dan 5.400 penumpang berangkat dari Stasiun Pasar Senen," kata Kepala Humas PT KAI Daop 1 Eva Chairunisa dalam keterangan tertulis, Rabu. 

Sesuai aturan terbaru dalam Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 23 Tahun 2020 dan SE Satgas Covid-19 Nomor 3 Tahun 2020, setiap penumpang wajib menunjukkan surat rapid test antigen dengan hasil negatif paling lambat 3x24 jam atau H-3 sebelum keberangkatan. Adapun anak di bawah usia 12 tahun tidak diwajibkan rapid test atau PCR swab test. 

"Aturan lainnya, setiap penumpang memiliki kondisi yang sehat, tidak flu, pilek, batuk, hilang daya penciuman, diare, dan demam dengan suhu tubuh tidak lebih dari 37,3 derajat celcius," kata Eva. 

Baca Juga: Catat, berlibur dengan mobil pribadi tak wajib rapid test antigen

Dengan adanya syarat rapid test antigen, PT KAI memberikan kebijakan bahwa penumpang bisa membatalkan dan mengubah jadwal dengan tenggat tiga bulan dan tidak akan dikenakan bea. "Karena adanya kemudahan ini, pelanggan tidak takut tiketnya akan hangus dalam waktu dekat, karena masih bisa diubah jadwal atau dibatalkan sampai tiga bulan setelah tanggal keberangkatan," tutur Eva. 

Jika dalam jangka waktu paling lambat tiga bulan dari tanggal yang tertera pada tiket, calon penumpang tidak memilih alternatif yang diberikan, tiket tersebut dinyatakan tidak berlaku dan tidak dapat ditukarkan kembali baik cash maupun tiket yang baru.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Puncak Keberangkatan Penumpang KA dari Jakarta Terjadi Hari Ini"

Selanjutnya: Informasi terbaru! 9 Daerah ini wajibkan dokumen rapid test antigen

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×