kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45672,14   1,07   0.16%
  • EMAS916.000 -1,08%
  • RD.SAHAM 0.54%
  • RD.CAMPURAN 0.26%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.10%

Program kartu prakerja terbuka untuk lulusan manapun


Selasa, 18 Februari 2020 / 19:35 WIB
Program kartu prakerja terbuka untuk lulusan manapun
ILUSTRASI. Aktivitas di Balai Latihan Kerja (BLK). Untuk tahap awal, ditargetkan ada 2 juta penerima manfaat program kartu prakerja.

Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Komarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Program kartu prakerja ditargetkan akan diimplementasikan April tahun ini. Untuk tahap awal, ditargetkan ada 2 juta penerima manfaat program ini.

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Kreatif, Kewirausahaan, Daya Saing Koperasi dan UMKM Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Rudy Salahuddin pun memastikan, program kartu prakerja terbuka untuk lulusan manapun, namun kepesertaan dibatasi untuk usia 18 tahun hingga 24 tahun.

Rudy menjelaskan, walaupun terdapat pencari kerja merupakan lulusan universitas ternama, dia tetap diizinkan untuk mendaftar ke program kartu prakerja. "Kami tidak melihat bahwa dia lulusan universitas top atau dia memang tidak lulus sekolah, silakan saja. Kita tidak melihat itu," ujar Rudy, Selasa (18/2).

Baca Juga: Chatib Basri sarankan pemerintah lakukan uji coba program kartu prakerja

Nantinya, seleksi penerima manfaat program kartu prakerja ini akan turut mempertimbangkan jumlah penganggur di provinsi hingga jumlah lembaga pendidikan atau pelatihan.

Program kartu prakerja ini pun ditujukan untuk calon pekerja atau orang yang mengalami pemutusan hubungan kerja. Namun, Rudy juga mengaku mereka akan mengutamakan orang-orang yang belum pernah bekerja.

"Yang palingĀ  sulit itu adalah orang yang baru masuk kerja pertama kali, selama ini mereka lebih banyak menganggur daripada masa kuliah atau sekolahnya. Ini akan kita bantu untuk mendapatkan keahlian-keahlian supaya bisa masuk ke dunia kerja atau mereka bisa berwirausaha," terang Rudy.

Baca Juga: Moeldoko bantah kartu prakerja untuk gaji pengangguran

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×