kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Produk Indonesia senilai US$ 1,43 miliar siap banjiri pasar Tiongkok


Rabu, 01 Desember 2021 / 17:58 WIB
Produk Indonesia senilai US$ 1,43 miliar siap banjiri pasar Tiongkok
ILUSTRASI. Petugas dibantu alat berat memindahkan peti kemas di Terminal peti kemas International Belawan, Kota Medan, Sumatera Utara, Senin (22/11/2021). Produk Indonesia senilai US$ 1,43 miliar siap banjiri pasar Tiongkok.


Reporter: Siti Masitoh | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Berbagai produk Indonesia siap membanjiri pasar Tiongkok. Pasalnya, pelaku usaha Indonesia dan Tiongkok sepakat melakukan kerja sama bisnis yang dituangkan dalam penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dan Letter of Intent (LoI) senilai US$ 1,43 miliar.

Penandatanganan kerja sama digelar secara virtual pada Selasa (30/11).

Adapun produk Indonesia tersebut yaitu nanas kaleng, manggis, produk buah lainnya, sarang burung walet, kopi, produk pertanian, makanan dan minuman, elektronik, pasir kuarsa, dan kayu ringan (balsa wood).

Penandatanganan MoU dan LoI ini merupakan tindak lanjut dari Trade Expo Indonesia Digital Edition (TEI-DE) 2021 yang digelar pada 21 Oktober - 4 November 2021 secara interaktif dan secara showcase akan berakhir pada 20 Desember 2021.

Turut menyaksikan penandatanganan Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga, Duta Besar Indonesia untuk Tiongkok dan Mongolia Djauhari Oratmangun, Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Didi Sumedi, dan Kepala Badan Karantina Pertanian Kementerian Pertanian Bambang.

Baca Juga: Sampai September 2021, laba bersih Armada Berjaya Trans (JAYA) melesat 31,45%

Jerry menyampaikan, penandatanganan kerja sama menjadi batu loncatan untuk meningkatkan pertumbuhan perdagangan dan mengembangkan hubungan kemitraan antara Indonesia dan Tiongkok.

“Melalui kesepakatan dagang ini diharapkan kedua pihak dapat saling bersinergi untuk mendorong peningkatan nilai perdagangan kedua negara,” ujar Jerry dalam laporan resminya, Rabu (1/12).

Jerry juga turut mengapresiasi KBRI Beijing yang telah melakukan sosialisasi, promosi, dan penjajakan bisnis sebagai tindak lanjut gelaran TEI-DE 2021. Sebelumnya, pameran ini telah menghasilkan berbagai kesepakatan dan komitmen dagang antara pelaku usaha Indonesia dengan mitranya.

Di antaranya penandatanganan MoU dengan pelaku usaha Tiongkok untuk produk bambusae concretio silicea (bahan baku herbal tradisional China) senilai US$  100 juta saat pembukaan TEI-DE pada 21 Oktober lalu. Selain itu, penandatanganan MoU untuk beragam produk senilai US$  150 juta di KBRI Beijing pada 11 November 2021.

Baca Juga: Vaksinasi Covid-19 harus digenjot meski kasus penularan menurun




TERBARU

[X]
×