kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Presiden terima tujuh surat kepercayaan Duta Besar LBBP, ada pengganti Dubes Jepang


Kamis, 04 Februari 2021 / 10:42 WIB
Presiden terima tujuh surat kepercayaan Duta Besar LBBP, ada pengganti Dubes Jepang
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo


Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo menerima tujuh surat kepercayaan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP). Penyerahan surat kepercayaan tersebut dilakukan di Istana Merdeka. 

Prosesi penerimaan surat kepercayaan Dubes LBBP dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Dari ketujuh negara yang memberikan surat kepercayaan Dubes LBBP terdapat pengganti Dubes Jepang Ishii Masafumi. Ishii Masafumi digantikan oleh Dubes baru yakni Kanasugi Kenji.

Ishii Masafumi sebelumnya sempat populer di masyarakat Indonesia karena unggahannya di akun instagram resmi yang kerap memotret berbagai hidangan Indonesia.

Dubes berusia 63 tahun tersebut memotret hidangan makan siang yang merupakan berbagai khas dari berbagai daerah di Indonesia. Setelah bertugas sejak April 2017 lalu, Ishii Masafumi pamit pada akhir tahun 2020 lalu.

Baca Juga: Jokowi lantik 12 duta besar RI untuk negara sahabat, ini daftarnya

Saat menjelang perpisahan, Ishii Masafumi bertemu dengan sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju. Antara lain adalah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, hingga Kepala Staf Presiden Moeldoko.

Langkah Ishii Masafumi menjalin kedekatan dengan kuliner Indonesia juga akan dilanjutkan oleh Kanasugi Kenji. 

Pada unggahannya melalui akun instagram @jpnambsindonesia, Kanasugi Kenji menyebut ingin mencoba beragam makanan Indonesia.

Sebagai informasi saat ini Indonesia dengan Jepang juga telah melakukan General Review terhadap Indonesia Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA). Berdasarkan data Kementerian Perdagangan periode Januari hingga November 2020 total nilai perdagangan kedua negara sebesar US$ 22,1 miliar dengan surplus US$ 2,49 miliar.

Selain Jepang, ada enam negara lain yang menyerahkan surat kepercayaan Dubes LBBP kepada Presiden. Antara lain Dubes LBBP Republik Islam Pakistan, Dubes Republik India Manoj Kumar Bakti, Dubes Republik Ceko Jaroslav Dolecek, Dubes Romania Dan Andrian Balanescu, Dubes Republik Fiji Amenateve Vakavuwaqa, dan Dubes Republik Rakyat Bangladesh Mohammad Mostafizur Rahman.

Asal tahu saja, India memiliki hubungan kuat secara ekonomi dengan pemerintah Indonesia. Berdasarkan data Kementerian Perdagangan, nilai perdagangan Januari hingga November 2020 sebesar US$ 12,54 miliar.

Selain itu, Indonesia juga akan mendorong perjanjian dagang dengan Bangladesh. Saat ini total nilai perdagangan Indonesia dengan Bangladesh periode Januari hingga November 2020 sebesar US$ 1,56 miliar.

Selanjutnya: Bekas Mendag ini berada di antara 20 dubes yang dilantik Jokowi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×