kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45987,90   -2,03   -0.21%
  • EMAS1.142.000 0,35%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Presiden Jokowi Resmikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung


Senin, 02 Oktober 2023 / 11:03 WIB
Presiden Jokowi Resmikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung
Peresmian Kereta Cepat Jakarta-Bandung Whoosh, Senin (2/10)


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung "Whoosh" di Stasiun Kereta Cepat Halim, Senin (2/10).

Jokowi mengatakan, Kereta Cepat Jakarta-Bandung tersebut merupakan kereta cepat pertama di Indonesia dan juga pertama di Asia Tenggara dengan kecepatan 350 km per jam. Peresmian tersebut juga menandai modernisasi transportasi massal di Indonesia.

"Kereta Cepat Jakarta Bandung ini menandai modernisasi transportasi massal kita yang efisien yang ramah lingkungan dan terintegrasi dengan moda transportasi lainnya, maupun terintegrasi dengan TOD transit oriented development," kata Jokowi dalam Peresmian Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Stasiun Halim, Jakarta Timur, Senin (2/10).

Baca Juga: China Luncurkan Jalur Kereta Peluru Berkecepatan Tinggi Pertama di Atas Air

Kereta Cepat kata Jokowi menjadi hal yang baru bagu Indonesia. Dimana baru yang dimaksud ialah baru dari segi teknologi, kecepatan, konstruksi serta model pembiayaannya.

"Semuanya serba baru dan kita tidak boleh takut belajar dan mencoba hal-hal yang baru. Dan dalam proses itu bisa muncul hal-hal yang tidak terduga, kesulitan kesulitan di lapangan, masalah-masalah dan ketidaksempurnaan," jelasnya.

Menurutnya, pengalaman baru tersebut sangat berharga. Ia juga berpesan agar bangsa Indonesia kita tidak perlu takut untuk memulai suatu hal yang baru, terutama dalam modernisasi transportasi.

"Karena jika kita konsisten, (dari) kesalahan itu, akan semakin sedikit biaya, kesalahan juga akan semakin menurun, dan pada akhirnya biaya produksi, biaya proyek lama-kelamaan juga akan semakin rendah," imbuhnya.

Baca Juga: Izin Operasi Kereta Cepat Jakarta Bandung Terbit, Siap Beroperasi Secara Komersial

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Negara juga menyampaikan nama baru dari Kereta Cepat Jakarta-Bandung yakni "Whoosh".

Adapun nama tersebut terinspirasi dari suara yang melesat dari kereta berkecepatan tinggi ini. Tak hanya itu, "Whoosh" kata Jokowi memiliki kepanjangan Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Hebat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Mastering Corporate Financial Planning & Analysis Mastering Data Analysis & Visualisation with Excel

[X]
×