kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Presiden Jokowi: Produk impor jangan mendominasi di rest area


Jumat, 09 November 2018 / 15:26 WIB
Presiden Jokowi: Produk impor jangan mendominasi di rest area
ILUSTRASI. Presiden resmikan Ruas jalan tol Pejagan-Pemalan


Reporter: Sinar Putri S.Utami | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - TEGAL. Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan jajarannya untuk menjual produk-produk daerah di rest area tol Pejagan-Pemalang dan tol Pemalang-Batang.

"Tadi juga sudah saya perintahkan ke Bu Menteri, Pak Menteri PU, juga ke wali kota dan bupati agar setelah ini selesai ada rest area yang menjual produk-produk dari daerah, makanan dari daerah," katanya di pintu tol usai meresmikan tol Pejagan-Pemalang dan Pemalang-Batang, Jumat (9/11).

Bahkan Presiden bercerita, dirinya mendapat usul dari kepala daerah setempat untuk menjual makanan khas daerah seperti telur asin, sate Tegal, dan brambang merang. Artinya, ke depan rest area tidak hanya terpampang produk-produk impor.

"Tapi betul-betul brand lokal, brand daerah, dan brand Indonesia," katanya. 
Tapi, Presiden menilai, kadang-kadang memang diperlukan untuk menarik brand internasional, tapi tidak mendominasi. "Yang paling penting brand lokalnya," tegas Presiden. 

Maka itu, terkait hal ini seluruhnya akan diseleksi.

 Sekadar tahu saja, hari ini ruas tol yang diresmikan Presiden ini termasuk dalam proyek infrastruktur Trans Jawa. Dari total 870 km terbentang untuk proyek Merak-Banyuwangi, saat ini telah diselesaikan 640 km.

"Sebentar lagi akan sambung betul dari Merak sampai ke Surabaya di minggu kedua Desember," tambah Presiden. Sementara yang kurang adalah ruas Batang-Semarang yang akan selesai di Desember tahun ini.

Lalu, Salatiga-Kartasura juga selesai di Desember dan Sragen-Ngawi selesai di akhir November ini. "Artinya tol ini tersambung dari Merak sampai Surabaya di bulan Desember ini," tukas di.

Ia berharap nantinya sampai di Probolinggo-Surabaya, akan selesai di minggu kedua Desember, dan Probolinggo-Banyuwangi akan selesai di 2019. "Oleh sebab itu yang selesai langsung diresmikan. Sebentar lagi ini Batang-Semarang, kemudian Salatiga-Kartasura, kemudian langsung. Ini terus November-Desember mungkin setiap minggu meresmikan jalan tol," tutup Presiden.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×