kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45900,65   -5,64   -0.62%
  • EMAS1.318.000 0,61%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Prajogo Pangestu sumbang peralatan medis Rp 30 miliar untuk penanganan Covid-19


Rabu, 01 April 2020 / 12:00 WIB
Prajogo Pangestu sumbang peralatan medis Rp 30 miliar untuk penanganan Covid-19
Prajogo Pangestu -?President Commissioner; Komisaris Utama; Presiden Komisaris?PT Barito Pacific Tbk BRPT


Reporter: Barly Haliem | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Prajogo Pangestu, Founder dan Chairman Barito Pacific Group, menyalurkan bantuan untuk penanganan pandemi virus corona (Covid-19) senilai Rp 30 miliar. Dana ini berasal dari dua anak perusahaan Barito Pacific Group, yaitu PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA), dan PT Star Energy, serta dari Yayasan Bakti Barito. 

Dana bantuan tersebut diserahkan secara bertahap dan disalurkan ke sejumlah rumahsakit di DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten. Adapun rumahsakit (RS) yang akan menerima bantuan ini adalah Rumah Sakit Sulianti Saroso, RS Harapan Kita, RS Persahabatan, RS Carolus dan RSCM di Jakarta.

Sementara rumahsakit di Banten yang akan menerima adalah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cilegon, RSUD Serang, RSUD Provinsi Banten, serta Rumah Sakit Krakatau Medika. 

Baca Juga: Lewat TPIA, Prajogo Pangestu donasikan masker dan alat tes corona

Di Jawa Barat, RSUD Cibinong Bogor, RS Al Ihsan Bandung, RS Hasan Sadikin Bandung, RSUD Syamsudin Sukabumi, RSUD Slamet Garut, merupakan daftar RS yang mendapat bantuan dari Prajogo.

Baca Juga: Yayasan milik Prajogo Pangestu sumbang RSCM untuk cegah corona

Agus Salim Pangestu, Direktur Utama PT Barito Pacific Tbk menyatakan, donasi ini merupakan bentuk empati Grup Barito terhadap mereka yang terkena dampak langsung wabah corona. "Hal itu sejalan pula dengan arahan Founder Barito Pacific, Prajogo Pangestu, yang ingin turut serta membantu meringankan beban masyarakat dan pemerintah dalam menangani masalah pandemi Covid 19," kata Agus, dalam keterangan tertulis yang diterima Kontan.co.id, Rabu (1/4).

Bantuan medis yang diserahkan mencakup 45.000 alat tes Covid-19 yang terdiri dari polymerase chain reaction (PCR) dan rapid test kit. Terdapat juga 120.000 surgical mask dan masker N95, serta 2 unit ventilator (mesin untuk membantu pernapasan). Bantuan lain adalah 60.000 alat pelindung diri, puluhan alat terapi oksigen, ratusan sarung tangan, sepatu boots, dan peralatan lainnya.

Seluruh barang medis ini sudah didistribusikan sejak akhir Maret 2020 dan berlanjut hingga sekarang dan waktu waktu mendatang . Kesemuanya disalurkan oleh Yayasan Bakti Barito, Chandra Asri dan Star Energy. 

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo menyampaikan apresiasi tinggi karena langkah yang dilakukan oleh Chandra Asri, Star Energy dan Yayasan Bakti Barito dinilai sudah tepat sasaran. Bantuan ini juga sangat bermanfaat dalam kondisi seperti sekarang ini. 

Doni Munardo pun mengajak seluruh elemen masyarakat, baik di akar rumput hingga ke tataran pejabat, pengusaha hendaknya berpartisipasi sekecil apapun, bersatu padu mendukung seluruh kebijakan pemerintah dalam menangani wabah Covid 19.

Menurut Doni Munardo dengan jumlah pasien yang terus bertambah sebagian besar rumah sakit melebihi kapasitas yang ada. Bahkan sekarang mereka kekurangan perangkat medis. 

Oleh karena itu, kata Doni, bantuan dari Prajogo Pangestu beserta unit usaha dan Yayasan Bakti Barito sangat berguna dan membantu mengurangi kendala yang sedang dihadapi. Apalagi saat ini peralatan tersebut susah didapat karena seluruh dunia sekarang memerlukannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×