kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,02   -8,28   -0.91%
  • EMAS1.318.000 0,61%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Prabowo Subianto Siap Lanjutkan Program Ekonomi Pro Rakyat yang Digagas Jokowi


Rabu, 16 Agustus 2023 / 10:12 WIB
Prabowo Subianto Siap Lanjutkan Program Ekonomi Pro Rakyat yang Digagas Jokowi
ILUSTRASI. Agenda Prabowo Menuju Indonesia Emas, Lanjutkan Ekonomi Pro Rakyat Jokowi hingga Bentuk Transformasi. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/YU


Sumber: Kompas TV | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketua Umum Partai Gerindra prabowo Subianto siap melanjutkan program ekonomi pro rakyat yang digagas Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Program ekonomi pro rakyat tersebut seperti Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), kartu sembako, Program Keluarga Harapan (PKH), dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) hingga dana desa.
 
Bahkan Prabowo punya julukan tersendiri dengan program ekonomi ala Jokowi itu yakni "Jokowinomics".

Menurut bakal Capres dari Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) itu, kebijakan ekonomi "Jokowinomics" merupakan aplikasi nyata dari Pancasila. Prabowo juga menilai program ekonomi gagasan Jokowi itu merupakan pondasi menuju Indonesia Emas 2045. 

Baca Juga: Koalisi Baru Terbentuk, Wapres Ma'ruf Amin Imbau Hindari Polarisasi

"Program pro rakyat yang diusung oleh Presiden Joko Widodo perlu kita lanjutkan dan kita perkuat lagi karena program tersebut bisa melindungi perekonomian bangsa Indonesia menuju Indonesia emas 2045," ujar Prabowo saat memberi sambutan di acara seminar bertema Strategi transformasi bangsa menuju Indonesia Emas 2045 di Balroom Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (15/8/2024).

Lebih lanjut di forum tersebut Prabowo menilai program ekonomi yang selama ini dilakukan pemerintahan Jokowi adalah intervensi yang berhasil mengurangi kesulitan rakyat.

Ia juga telah menyusun fokus kebijakan yang berpegang pada ekonomi pro rakyat ala Jokowi menuju Indonesia Emas 2045. 

Semisal ketahanan pangan, ketahanan energi, ketahanan air, pengentasan kemiskinan, kesehatan dan farmasi. 

Kemudian kemajuan pendidikan, sains dan teknologi, pertahanan, industrialisasi, reformasi politik, hukum dan birokrasi, transformasi keuangan negara.

Di sisi pendidikan Prabowo menginginkan agar Kartu Indonesia Pintar tetap dilanjutkan dan membangun sekolah-sekolah unggulan terintegrasi di setiap Kabupaten.

"Kita akan berikan makan siang dan susu gratis setiap harinya untuk pelajar-pelajar kita dari SD, SMP, hingga SMA. Generasi muda bangsa Indonesia harus kita penuhi gizinya. Ini adalah kunci menuju generasi Indonesia emas 2045," ujarnya. 

Baca Juga: Hadiri Sidang Tahunan MPR/DPR/DPD RI 2023, Jokowi Kenakan Baju Adat Tanimbar

Sedangkan dalam transformasi keuangan negara, Prabowo ingin mendirikan badan penerimaan negara dan meningkatkan rasio pajak hingga mencapai 16 persen, serta ekstensifikasi dan intensifikasi lahan pertanian dengan lumbung padi desa, daerah dan nasional.

Prabowo juga berencana membentuk kelompok kerja transformasi bangsa. Langkah ini untuk menggandeng seluruh elemen bangsa bekerja sama menuju Indonesia Emas 2045. 

"Saya yakin bukan karena satu orang bisa selesaikan masalah, tidak, tidak mungkin. Tapi kalau kita berhimpun, kita kumpulkan (anak bangsa) the best and the brighnest dan harus kita kumpulkan, kita bisa mengatasi kesulitan-kesulitan," ujar Prabowo.

Artikel ini telah tayang di Kompas.tv dengan judul "Agenda Prabowo Menuju Indonesia Emas, Lanjutkan Ekonomi Pro Rakyat Jokowi hingga Bentuk Transformasi"

Selanjutnya: Update Harga Emas Hari Ini, Cek Untung Rugi Investasi Anda!

Menarik Dibaca: Kumpulan Twibbon Karnaval HUT RI ke 78 Tahun, Semangat untuk Indonesia Maju

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×