kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Potensi ekstrak daun ketepeng badak dan benalu sebagai obat herbal corona (Covid-19)


Kamis, 14 Mei 2020 / 12:11 WIB
Potensi ekstrak daun ketepeng badak dan benalu sebagai obat herbal corona (Covid-19)
ILUSTRASI. Petugas kesehatan melakukan aktivitas di ruang ekstraksi laboratorium biomolekuler Rumah Sakit Pelindo Husada Citra (PHC), Kota Surabaya, Jawa Timur, Selasa (12/5/2020). Laboratorium biomolekuler PCR itu untuk melakukan uji laboratorium virus corona (Covi


Reporter: Sandy Baskoro | Editor: Sandy Baskoro

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejak corona (Covid-19) menjadi pagebluk global, belum ada obat atau vaksin untuk meredam virus ini. Seluruh peneliti di berbagai negara termasuk Indonesia berupaya mencari kandidat obat Covid-19 yang bisa digunakan, baik dari tanaman, mikroorganisme, maupun biota laut.

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui Pusat Penelitian Kimia mencoba mengembangkan ekstrak daun ketepeng badak (Cassia alata) dan benalu (Dendrophthoe sp.) sebagai obat herbal antivirus Covid-19.

Baca Juga: Asa, favipiravir tunjukkan hasil menjanjikan bagi pasien corona di Rusia

Covid-19 yang disebabkan virus SARS-Cov-2 termasuk jenis virus baru yang bersifat dinamis. Oleh karena itu, belum ada formula obat atau vaksin yang tepat untuk mengobati virus ini yang direkomendasikan Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Kepala Pusat Penelitian Kimia LIPI, Yenny Meliana mengatakan, LIPI tengah bekerja sama dengan Departemen Mikrobiologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan Kyoto University, Jepang, untuk mengembangkan obat herbal sebagai antivirus dari ekstrak daun ketepeng badak dan benalu sebagai alternatif dalam pengobatan Covid-19.

“Senyawa-senyawa yang terdapat di dalam tanaman ketepeng badak dan benalu dilaporkan mempunyai aktivitas antivirus,” ujar dia, seperti dikutip lipi.go.id, Senin (11/5) lalu.

Baca Juga: Wow! Berikut manfaat wedang jahe merah untuk kesehatan tubuh Anda

Yenny menjelaskan, senyawa yang diprediksi dapat berperan aktif sebagai antivirus adalah kaempferol, aloe-emodin, quercitrin, dan quercetin,” tambah dia.

Peneliti bidang farmasi kimia Pusat Penelitian LIPI, Marissa Angelina menyebutkan, langkah-langkah yang telah dilaksanakan pada pasien Covid-19 terbatas pada tindakan preventif dan suportif yang dirancang untuk mencegah komplikasi dan kerusakan organ lebih lanjut.

“Beberapa studi pendahuluan telah menguji kombinasi agen potensial seperti protease inhibitor lopinavir/ritonavir yang umumnya digunakan untuk mengobati virus HIV, digunakan untuk pengobatan pasien yang terinfeksi Covid-19,” papar dia.

Selain itu, lanjut Marissa, dilaporkan juga adanya penggunaaan obat malaria yaitu qlorokuin dan emodin,” kata dia.

Marissa menjelaskan, tanaman yang mengandung komponen utama flavonoid dan flavonoid glikosida yang banyak dilaporkan sebagai zat aktif utama sebagai antivirus.

Baca Juga: Mantap! Lembaga Eijkman memulai upaya pembuatan vaksin

Pengembangan bahan baku obat dan obat herbal terstandar merupakan upaya yang sangat penting dalam mendukung kemandirian obat Indonesia yang memiliki berbagai keanekaragaman hayati.

“Pengembangan bahan baku obat berbasis tanaman berpotensi untuk jangka panjang dan memiliki peluang besar bagi industri bahan baku obat di Indonesia,” pungkas Marissa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×