kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PNS mulai berkantor 5 Juni 2020, rapid test Covid-19 secara massal dikebut


Senin, 01 Juni 2020 / 18:01 WIB
PNS mulai berkantor 5 Juni 2020, rapid test Covid-19 secara massal dikebut
ILUSTRASI. Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM, Rully Indrawan tinjau pelaksanaan rapid test di Kemenkop dan UKM.


Reporter: Azis Husaini | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Selamat datang New Normal di lingkungan pegawai negeri sipil (PNS). Mulai tanggal 5 Juni 2020 sudah ada PNS yang diminta untuk berkantor dengan ketentuan sesuai protokol pencegahan Covid-19.

Namun, memang belum semua kantor kementerian mewajibkan PNS untuk berkantor. Ada yang masih menjalankan work from home (WFH) dengan ketentuan sistem piket sesuai dengan kebijakan masing-masing divisi atau unit.

Baca Juga: Jika PNS aktif meninggal dunia, ini yang bakal didapatkan ahli waris

Bagi Kementerian ESDM, pegawai mereka sudah mulai dilakukan rapid test secara bergiliran untuk memastikan kesehatannya. Besok, akan ada rapid test lanjutan kepada PNS di Sekretariat Jenderal Kementerian ESDM. 

"Akan ada rapid test, tesnya cepat bisa ketahuan positif atau negatif, saya sudah rapid test hasilnya negatif,"kata Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi kepada Kontan.co.id, hari ini.

Dia menekankan bahwa PNS di Kementerian ESDM akan masuk bergiliran sesuai dengan unitnya masing-masing. "Saat masuk kantor pun akan dijalankan protokol pencegahan yang ketat di lingkungan kantor kementerian ESDM, kami masuk tanggal 5 Mei 2020," imbuh dia.

Bukan saja Kementerian ESDM, Kementerian Koperasi dan UKM juga sudah melakukan rapid test Covid-19 pada bulan puasa kemarin. Namun tidak semua PNS melakukan rapid test tersebut. Informasi yang diperoleh Kontan.co.id, KemenkopUKM juga akan mulai berkantor pada tanggal 5 Juni 2020.

Baca Juga: Mendagri ubah pendoman normal baru Pemda dan ASN di Kemendagri, ada apa?

Kontan.co.id berusaha menghubungi Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, namun sayang belum mendapat respon.

Sementara, untuk PNS Kementerian Perikanan dan Kelautan juga akan mulai berkantor pada 5 Juni 2020. Demikian pula Kementerian Pertanian juga akan mulai berkantor 5 Juni 2020. Kedua Kementerian itu sudah menjalankan rapid test secara bertahap terhadap PNS-nya.

Kontan.co.id juga berusaha menghubungi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat, Evy Mulyani belum merespon pesan singkat Kontan.co.id.

Namun informasi yang diperoleh Kontan.co.id bahwa sudah dilakukan terhadap beberapa PNS di Kemendikbud yang menjalankan rapid test.

Baca Juga: New normal dinilai tidak akan berdampak siginifikan pada kinerja Surya Citra (SCMA)

Demkian pula Kontan.co.id sudah berusaha menghubungi Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny K Lukito untuk menanyakan soal dimulainya PNS BPOM berkantor. Sayang belum ada jawaban dari Penny.

Namun, kabar yang sampai ke Kontan.co.id PNS BPOM sudah melakukan rapid test massal pada April 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×