kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PLN salurkan bantuan oksigen ke sejumlah RS di Jawa Tengah


Selasa, 13 Juli 2021 / 22:30 WIB
PLN salurkan bantuan oksigen ke sejumlah RS di Jawa Tengah
PLN menyerahkan bantuan senilai Rp 1,69 miliar ke RSUP Dr Kariadi dan sejumlah rumah sakit di Jawa Tengah.


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT PLN (Persero) menyerahkan bantuan senilai Rp 1,69 miliar ke RSUP Dr Kariadi dan sejumlah rumah sakit di Jawa Tengah (Jateng). 

Bantuan yang diberikan terdiri atas  5 uninterruptible power supply (UPS) server 10 kVA untuk memperkuat keandalan listrik RS dan 8 AC standing portable 5 PK, serta 5 unit oksigen portable untuk RSUP Dr Kariadi, serta 5 oksigen portable, 3 unit ventilator mobile, dan 72 ton oksigen lorry tank untuk sejumlah rumah sakit di Jawa Tengah.

Turut disaksikan oleh Direktur Utama PLN, Zulkifli Zaini secara daring, bantuan ini diserahkan Wakil Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo dan Direktur Bisnis Regional Jawa, Madura, dan Bali, Haryanto W.S kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang diwakili oleh Kepala Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah, Sujarwanto Dwiatmoko di RSUP Dr Kariadi, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (13/7).

“Kami berharap bantuan ini bisa mendukung upaya Pemerintah Provinsi Jateng dalam mengatasi pandemi, membantu rumah sakit dalam melayani masyarakat,” ujar Zulkifli sebagaimana dikutip dari siaran pers, Selasa (13/7).

Zulkifli menuturkan,  pada  situasi pandemi terkini, rumah sakit menghadapi kondisi yang sangat menantang seiring pasien terus berdatangan. Dalam situasi yang demikian,  kebutuhan oksigen merupakan salah satu yang paling mendesak. Itulah sebabnya, PLN berencana menyalurkan 72 ton oksigen secara bertahap ke sejumlah rumah sakit di Jateng dengan  berkoordinasi dengan Dinas ESDM setempat. 

Selain itu, PLN, lanjut Zulkifli, juga berkomitmen menyediakan pasokan listrik yang andal bagi seluruh pelanggan, khususnya rumah sakit dan industri oksigen. 

Baca Juga: Sinar Mas Donasikan Lebih Dari 1.200 Ton Oksigen Tiap Bulannya

“Secara korporasi saya menugaskan Wakil Direktur Utama dan Direktur Regional Jawa, Madura, Bali untuk bekerja di lapangan, mengerahkan segala upaya terbaik untuk membantu warga, termasuk warganya Pak Gubernur Ganjar Pranowo,” tambahnya.

Untuk wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta, PLN menyiagakan 3.940 personel untuk menjaga keandalan pasokan listrik yang didukung oleh 377 kendaraan roda empat, 35 mobil PDKB, 4 unit UPS, 119 unit trafo mobile, serta 116 genset.

Zulkifli memastikan, pasokan listrik di Jawa Tengah dan Yogyakarta dalam kondisi aman. Saat ini, kelistrikan di dua provinsi tersebut memiliki daya mampu mencapai 6.465 megawatt (MW) dengan beban puncak sekitar 4 533 MW.Dengan demikian, masih terdapat cadangan daya sekitar 1.933 MW.

Mewakili Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Kepala Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah, Sujarwanto Dwiatmoko menyampaikan apresiasinya atas bantuan yang diberikan PLN. “Bapak Gubernur Ganjar Pranowo menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada PLN. Hari ini, kami mendapatkan perhatian cukup besar, bantuan untuk RSUP Kariadi,” ujarnya.

Sementara itu, Plt. Direktur Utama RSUP Kariadi,. dr. Dodik Tugasworo Pramukarso mengatakan, bantuan yang disalurkan PLN merupakan bentuk komitmen nyata kebersamaan menanggulangi Covid-19. “Dengan adanya bantuan AC [untuk menyejukkan tenda perawatan] membuat tenaga kesehatan semakin semangat melayani, dan masyarakat yang dilayani juga lebih nyaman,” kata Dodik.

Selanjutnya: Asosiasi Rumah Sakit Swasta berharap tambahan nakes segera diakselerasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×