kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45912,55   3,24   0.36%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pilot Fokker 27 memiliki 3.000 jam terbang


Jumat, 22 Juni 2012 / 13:26 WIB
Pilot Fokker 27 memiliki 3.000 jam terbang
ILUSTRASI. Karyawan money changer menghitung mata uang dollar US di salah satu money changer Jakarta, Rabu (5/5) /pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/05/05/2021.


Reporter: Asnil Bambani Amri | Editor: Asnil Amri

JAKARTA. Mayor Penerbang Heri Setiawan, pilot pesawat Fokker 27 yang jatuh dan menewaskan 11 orang, merupakan sosok yang berpengalaman di dunia dirgantara. Hal tersebut diungkapkan oleh Mayor Rony Widodo, rekan kerja, sekaligus Staf Perencanaan Mabes TNI Angkatan Udara.

"Kurang lebih sudah tiga ribu jam terbang dia lakukan. Misi-misi dari Aceh sampai Papua telah dilakukan almarhum," ujarnya kepada wartawan, usai upacara penghormatan terakhir di Skuadron Udara II, Halim Perdanakusuma, Jakarta, Timur, Jumat (22/6).

Rony melanjutkan, Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma memiliki 30 instruktur penerbang. Almarhum Hery Setiawan merupakan salah satu instruktur latih terbang Skuadron II TNI AU. "Tugas dia itu ya ajarin terbang adik-adiknya," lanjutnya.

Almarhum lulus dari akademi Angkatan Udara tahun 1998 dan langsung masuk dalam Skadron II TNI AU. Karena memenuhi kualifikasi dalam sekolah instruktur, almarhum dipercaya menjadi instruktur latih terbang mulai 2009. Ia pun kerap dipanggil menjadi pengajar di berbagai sekolah penerbangan di Indonesia.

Pada hari saat pesawat mengalami musibah, ia dan enam anggota tengah melakukan latihan terbang seperti hari biasanya. Latihan landing dan take off tersebut dinamakan provisiensi. "Proses latihan pagi itu sudah ada latihan. Mereka meluweskan kelancaran latih terbangnya saja," lanjutnya.

Pukul 14.10 WIB, pesawat yang dibeli dari Belanda tahun 1977 itu lepas landas. Tak sampai satu jam, pesawat tersebut jatuh menimpa delapan rumah di Kompleks Rajawali, Halim Perdanakusuma. Seluruh awak pesawat dan empat warga tewas akibat peristiwa tersebut. Kini, jenazah almarhum sudah dibawa ke kampung halamannya di Yogyakarta. (Fabian Januarius Kuwado/Kompas.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×