kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45897,60   4,88   0.55%
  • EMAS1.365.000 -0,22%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pesawat Tempur Canggih Menderu-deru dan Menari-nari di Langit Jakarta


Minggu, 13 Agustus 2023 / 12:15 WIB
Pesawat Tempur Canggih Menderu-deru dan Menari-nari di Langit Jakarta
ILUSTRASI. The Indonesian Air Force's aerobatic team performs during celebrations marking the 70th anniversary of the Air Force at Halim Perdanakusuma air base in Jakarta, Indonesia, April 9, 2016. REUTERS/Beawiharta


Reporter: Syamsul Ashar | Editor: Syamsul Azhar

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tim Jupiter Aerobatic Team (JAT) dan tim Dynamic Pegasus dalam beberapa hari terakhir terus berlatih menjelang demo udara pada perayaan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Inonesia ke 78 di Istana Negara Jakarta HUT Ke-78 RI,

Selain dua tim demonstrasi udara kebanggaan TNI AU, yang mulai berlatih dan menari di langit Jakarta, akan tampil juga aksi pesawat tempur kebanggaan Indonesia.

Mengutip pernyataan tertulis TNI AU yang diunggah di akun instagram @militer.udara menyebutkan, setelah tiba dan mendarat di Lanud Halim Perdananakusuna, Jakarta, pada Jumat (11/8), dua tim aerobatic kebanggaan TNI Angkatan Udara, yakni Jupiter Aerobatic Team (JAT) dan Dynamic Pegasus mulai melaksanakan latihan secara parsial di atas Istana Negara, Jakarta, sejak Jumat (11/8/2023).

Tim Jupiter Aerobatic Team (JAT) TNI AU

Pada Minggu (13/8) langit Jakarta kembali bergemuruh saat tim akrobatik udara TNI AU ini menggelar latihan di langit Jakarta.

Baca Juga: Turut Ramaikan Balap MotoGP, Jupiter Beraksi di Langit Mandalika

Jupiter Aerobatic Team (JAT) dengan flight leader Letkol Penerbang Ripdho "Mohawk" Utomo, yang terdiri dari enam pesawat KT-1B Wongbee mulai melatihkan enam manuver udara di atas Istana Negara. 

Keenam manuver udara tersebut meliputi Half Cuban, Five Card Loop, Cross Over Brake, Jupiter Wheel, dan Screw Roll, serta manuver Love and Bomburst.

Tim Jupiter Aerobatic Team (JAT)

Sementara tim helikopter Dynamic Pegasus dengan flight leader Letkol Pnb Taufik "Perisai" Agus Hidayat, yang terdiri dari empat helikopter EC-120B ColibrI melaksanakan manuver udara Break Off dan Pegasus Cross pada phase 1. 

Pada phase 2 Dynamic Pegasus melaksanakan manuver udara berupa Windmill, Gemufamire dan Pegasus Kiss.

Saat hari H pada Kamis 17 Agustus 2023 nanti, Kedua tim aerobatic kebanggaan TNI AU ini, akan menampilkan Theatrical Air Show dengan tajuk "The Jupiters X Pegasus".

Aksi akrobatik udara peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2023, tepat di atas Istana Negara Jakarta.

Selain akrobatik udara dari dua tim terdebut saat ini ada sebanyak sepuluh pesawat tempur jeTim Dynamic Pegasus TNI AU nis F-16 Fighting Falcon dari Skadron Udara 3 dan Skadron Udara 14 Lanud Iswahjudi Madiun juga sudah bersiap di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, sejak Jumat (11/8/2023).

Baca Juga: Menegangkan, Tiga Pesawat Tempur F16 TNI AU Dikunci Rafale Saat Take Off di Iswahjudi

Kedatangan pesawat tempur canggih kebanggaan bangsa Indonesia di Ibukota Negara, dalam rangka memeriahkan HUT Ke-78 Republik Indonesia yang akan dipusatkan di Istana Negara.

Kedatangan sepuluh F-16 terbagi dalam tiga flight, yakni Garuda flight, Eagle Flight dan Dragon flight. 

Garuda flight terdiri dari dua pesawat yang diawaki oleh Danskadron Udara 3 Letkol Pnb Pandu "Hornet" Eka Prayoga, dan Komandan Skadron Udara 14 Mayor Pnb Anwar "Weasel" Sovie. 

Sebelum mendarat di Lanud Halim, Garuda flight melaksanakan cek route yang akan dilintasi saat flypast nantinya.

F-16 Fighting Falcon

Sementara Dragon flight terdiri dari empat pesawat dari Skadron Udara 3, sedangkan Eagle flight terdiri dari empat pesawat dari Skadron Udara 14 Lanud Iswahjudi, Madiun.

Saat demo udara nantinya, flight burung-burung besi F-16 TNI AU yang semua sudah diupgrade dengan sistem avionik dan senjata udara modern ini akan melaksanakan flypast dan terbang formasi di atas Istana Negara.

Flypast tersebut terbagi dalam dua flight membentuk formasi diamond dan bomb burst tepat di atas Istana Negara dan Monumen Nasional. 

Kegiatan flypast ini  menjadi kegiatan rutin sejak beberapa tahun terakhir seolah menjadi tradisi yang sangat dinantikan oleh para tamu undangan dan ratusan ribuan penggemar fotografi kedirgantaraan di sekitar area Monumen Nasional dan Jakarta Raya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×