kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,29   2,96   0.33%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perjumpaan Jokowi dengan dubes lumrah bagi capres


Selasa, 15 April 2014 / 20:48 WIB
Perjumpaan Jokowi dengan dubes lumrah bagi capres
ILUSTRASI. Warga berbelanja bahan bangunan di sebuah supermarket di Tangerang Selatan, Selasa (22/11). KONTAN/Baihaki/22/11/2022


Reporter: Gloria Fransisca | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. Pertemuan Joko Widodo dengan beberapa duta besar negara sahabat Senin kemarin menuai asumsi negatif maupun positif. Menanggapi hal tersebut, pengamat politik, Yunarto Wijaya menganggap pertemuan tersebut adalah sebuah hal yang lumrah bagi calon presiden (capres).

Dia juga bilang, pertemuan tersebut tak mengindikasikan Gubernur DKI Jakarta yang akrab disapa Jokowi ini bakal "manut" kepada Barat, khususnya Amerika Serikat (AS).

"Pertemuan dengan dubes asing itu pasti akan dilakukan oleh semua capres. Dan hal seperti ini juga sudah terjadi tahun 1999 hingga 2009. Hal ini mengingat salah satu tugas capres adalah membangun jaringan internasional," ujar Yunarto.

Direktur Eksekutif Charta Politika ini mengingatkan adapun upaya menjalin relasi yang baik dengan negara-negara asing sebagai negara sahabat juga sesuai dengan konstitusi dan Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, yang berbunyi memelihara ketertiban dunia.

"Kalau kita teliti, baik partai berbasis islam maupun partai berbasis nasionalis, keduanya tetap akan mengadakan kunjungan dengan perwakilan negara-negara asing dalam konteks pemenuhan cita-cita konstitusi tersebut."

Pertemuan dengan duta besar asing terutama dengan negara-negara superpower seperti Amerika Serikat, dinilai Yunarto memang menarik untuk digoreng menjadi isu yang bombastis.

"Misalnya, membawa isu neolib, isu boneka asing, yang jelas terbukti sejauh ini isu-isu seperti itu tidak akan mempengaruhi Pemilu dan konstelasi kekuasaan. Karena isu-isu seperti itu terlalu elitis. Tidak ada orang menengah ke bawah, yang memahami dan mengerti istilah neolib, atau boneka asing. Karena istilah itu dalam pandangan saya adalah perpecahan definisi dari para intelektual asing menjadi beberapa poros," ujar Yunarto.

Adapun kemarin, Jokowi mengadakan pertemuan dengan beberapa duta besar di kediaman pengusaha Jacob Soetoyo. Namun, Jokowi dikabarkan bertemu dubes AS Robert O. Blake dengan kapasitasnya sebagai kepala daerah.

Adapun kedatangan Jokowi ke rumah Jacob Soetoyo paska kunjungannya kerumah Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri. Tak heran jika isu beredar kedatangan Jokowi menemui Duta Besar AS pun ditemani oleh Megawati Soekarnoputri.

Isu yang berhembus terkait agenda pertemuan tersebut ialah memperbincangkan calon wakil presiden bagi Jokowi dari sebagai capres dari PDI Perjuangan. Sayangnya hal itu masih disangkal oleh Pelaksana Kepala Biro Kepala Daerah dan Hubungan Luar Negeri Pemprov DKI Jakarta bahwa pertemuan tersebut hanya sebatas silahturahmi. Dalam pertemuan itu menyusul pula kehadiran Duta Besar negara sahabat lainnya, yakni Stig Traavik, Dubes Norwegia.

Pertemuan tersebut memang sangat tertutup bagi para pewarta sehingga para pewarta hanya bisa menunggu dari luar pagar hingga berakhirnya pertemuan yakni pada pukul 20.22 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×