kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Periode kedua Jokowi, ICW prediksi sektor hukum jadi anak tiri


Selasa, 15 Oktober 2019 / 08:54 WIB
Periode kedua Jokowi, ICW prediksi sektor hukum jadi anak tiri
ILUSTRASI. JAKARTA,09/08-AKSI SIMPATIK UNTUK NOVEL BASWEDAN. Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Sekolah Anti Korupsi (Sakti) ICW 2017 melakukan aksi simpatik untuk penyidik senior Novel Baswedan di depan gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Rabu


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Koordinator Divisi Korupsi Politik Indonesia Corruption Watch ( ICW) Donal Fariz memprediksi, isu korupsi dan reformasi lembaga hukum tidak akan menjadi fokus utama di periode kedua pemerintahan Joko Widodo. Sebab, ketidakfokusan itu sudah nampak selama lima tahun pertama pemerintahan Jokowi, 2014 hingga 2019.

"Ke depan, kami memproyeksi bahwa isu korupsi penegakan dan reformasi lembaga hukum akan jadi isu anak tiri di pemerintahan periode kedua," kata Donal dalam sebuah diskusi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Senin (14/10).

Baca Juga: Istana sebut KPK jangan baper

"Preseden yang sama kita alami selama lima tahun," lanjut dia. Donal mengatakan, selama lima tahun pertama pemerintahan, Jokowi hanya bicara perihal investasi dan perizinan.

Urusan pemberantasan korupsi bahkan dikecilkan hanya pada persoalan perizinan saja. Jokowi pun sempat membentuk satuan tugas sapu bersih pungutan liar.

Tetapi, hingga saat ini, tidak terdengar capaian yang telah diraih oleh satgas tersebut. Karena mengecilkan isu korupsi itulah, pada akhirnya isu-isu korupsi yang besar justru tidak mendapat perhatian.

Baca Juga: Saham perusahaan hiburan Korea Selatan kompak menguat

"Jadi hanya dikerdilkan pemberantasan korupsi. Korupsi yang lebih besar, grand corruption-nya jadi isu yang tidak disentuh secara komplit dan tegas oleh Jokowi," kata Donal.

Selama lima tahun, ICW mencatat ada 23 kasus korupsi yang melibatkan anggota DPR RI. Dua kasus melibatkan menteri dan 85 kasus menjerat kepala daerah.

Hari Ini Donal menyebut, hal ini sebenarnya perlu perhatian ekstra dari presiden. Karena jika tidak, hal yang sama akan terus terjadi setiap tahunnya dam menjadi akar persoalan korupsi yang tak pernah berakhir.

Baca Juga: Risma gandeng KPK rebut kembali aset pemerintah, ini daftarnya

"Persoalan yang sama akan terus terjadi karena hari ini nyaris enggak mendengar visi Jokowi terkait reformasi parpol dan kelembagaan politik kita yang menjadi momok persoalan yang terjadi," kata dia. (Fitria Chusna Farisa)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "ICW Prediksi Sektor Hukum Jadi Anak Tiri di Periode Kedua Jokowi",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×