CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.018,99   5,77   0.57%
  • EMAS992.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

Peringatan Pemerintah: Laju Penularan Omicron bakal Sangat Cepat di Jabodetabek


Senin, 17 Januari 2022 / 14:39 WIB
Peringatan Pemerintah: Laju Penularan Omicron bakal Sangat Cepat di Jabodetabek
ILUSTRASI. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Pemerintah memberi peringatan: laju penularan varian Omicron bakal sangat tinggi dan cepat di wilayah Jabodetabek dalam beberapa minggu ke depan.


Reporter: SS. Kurniawan | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah memberi peringatan: laju penularan varian Omicron bakal sangat tinggi dan cepat di wilayah Jabodetabek dalam beberapa minggu ke depan.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan, sekitar 90% transmisi lokal varian Omicron terjadi di DKI Jakarta. Oleh karena itu, pemerintah mempersiapkan strategi khusus dalam mengantisipasi lonjakan kasus di wilayah ini.

“Kita memang harus mempersiapkan khusus DKI Jakarta sebagai medan perang pertama menghadapi Omicron. Kita harus memastikan kita bisa menanganinya dalam perang menghadapi Omicron di DKI Jakarta,” katanya, dikutip dari setkab.go.id, Senin (17/1).

Pemerintah akan melakukan pengetatan penegakan disiplin protokol kesehatan (prokes) dengan dukungan implementasi PeduliLindungi. Selain itu, upaya testing dan tracing akan diperkuat dengan dukungan dari TNI/Polri.

“Arahan Bapak Presiden (Joko Widodo) adalah dipastikan, walaupun kita tidak usah panik tapi harus hati-hati dan waspada, prokes di Jakarta harus ditingkatkan, penggunaan PeduliLindungi juga harus diperketat," ujar Budi. 

Baca Juga: Tak Perlu Panik meski Kenaikan Kasus Omicron Lebih Cepat, Ini Alasan Pemerintah

"Testing, tracing, dan isolasi terpusatnya harus kembali ditingkatkan,” imbuh dia.

Selain itu, pemerintah juga mengimbau masyarakat untuk menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas, serta tidak bepergian ke luar negeri untuk keperluan yang tidak esensial.

“Itu nanti akan mengurangi laju penularan dari Omicron yang akan naik sangat tinggi dan sangat cepat di DKI, Jabodetabek dalam beberapa minggu ke depan,” ungkap menteri kesehatan.

Kemudian, pemerintah juga akan mengakselerasi pelaksanaan vaksinasi dosis lanjutan atau booster.

“Juga dipastikan bahwa semua rakyat Jakarta, Jabodetabek akan dipercepat vaksinasi booster-nya agar mereka siap kalau nanti gelombang Omicron naik secara cepat dan tinggi,” kata Budi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Financial Modeling & Corporate Valuation Fundamental THE FUTURE OF SELLING

[X]
×