kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.008,28   13,06   1.31%
  • EMAS981.000 0,41%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Percepatan Transformasi Pendidikan Kesehatan, Kemenkes terapkan Skema Ini


Rabu, 27 Juli 2022 / 06:30 WIB
Percepatan Transformasi Pendidikan Kesehatan, Kemenkes terapkan Skema Ini


Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Kesehatan menerapkan skema Academic health System (AHS) dalam upaya percepatan transformasi pedidikan kesehatan.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, transformasi pendidikan kesehatan juga bertujuan untuk pemerataan dan pemenuhan kebutuhan tenaga kesehatan (nakes) di Indonesia.

“Melalui AHS kita akan memperbanyak jumlah fakultas kedokteran untuk memproduksi dokter spesialis dan memperbanayak RS pendidikan yang bisa menfasilitasi dokter spesialis di provinsi yang memang kurang kemampuanya,” kata Budi dalam konferensi pers daring, Selasa (26/7).

Budi menjelaskan, pada dasarnya desain program AHS terbagi menjadi empat komponen. Di antaranya adalah mahasiswa, dosen, wahana atau rumah sakit pendidikan dan pengampuan prodi fakultas kedokteran (FK).

Baca Juga: Mulai Tahun Depan, 10% APBD Wajib Dialokasikan untuk Kesehatan

Selanjutnya Budi menjelaskan, dalam jangka pendek Kemenkes bersama dengan Kemendikbudristek akan menambah kuota dokter umum dan dokter spesialis.

Pada jangka menengahnya akan ada peningkatan jumlah dosen diikuti dengan peningkatan jumlah rumah sakit pendidikan. Selanjutnya dalam jangka panjang yaitu peningkatan jumlah fakultas kedokteran.

“Jadi lingkup FK akan diperluas termasuk di luar Jawa,” terang Budi.

Menurut Budi peningkatan Rumah sakit pendidikan hingga peningkatan jumlah prodi FK harus merata di seluruh Indonesia tak terkecuali di luar jawa. Tujuanya agar setiap daerah dapat independen tenaga kesehatan.

Sebelumnya, Budi mengatakan bahwa transformasi kesehatan menjadi agenda prioritas Kemenkes dalam dua tahun ini.

Budi mengatakan setidaknya ada enam pilar tranformasi kesehatan. Diantaranya adalah tranformasi layanan kesehatan primer, tranformasi layanan rujukan, sistem ketahanan nasional, tranformasi sistem pembiyaan, transformasi teknologi kesehatan dan tranformasi sumber daya manusia kesehatan (tenaga kesehatan/ nakes)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×