kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45681,39   9,25   1.38%
  • EMAS917.000 0,11%
  • RD.SAHAM 0.54%
  • RD.CAMPURAN 0.26%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.10%

Penutupan pendaftaran SBMPTN 2018 hari ini pukul 22.00 WIB


Jumat, 27 April 2018 / 10:15 WIB
Penutupan pendaftaran SBMPTN 2018 hari ini pukul 22.00 WIB
ILUSTRASI. TRY OUT SBMPTN

Berita Terkait

Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pendaftaran online Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) telah dibuka sejak 5 April 2018 untuk Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) dan 18 April 2018 untuk Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Namun perlu dicatat, batas waktu pendaftaran untuk keduanya akan ditutup hari ini (27/4) pukul 22.00 WIB


Pendaftaran melalui online bagi peserta SBMPTN memiliki beberapa tahapan yang harus dilalui yaitu:

Mendapatkan KAP dan PIN

Tahap pertama adalah melakukan pendaftaran melalui laman resmi SBMPTN di https://pendaftaran.sbmptn.ac.id/awal.php. Peserta dapat memilih "Menu A" untuk mendapatkan kode KAP dan PIN.

Pembayaran

Setelah mendapatkan kode KAP dan PIN, peserta wajib membayar biaya seleksi melalui beberapa bank yang ditunjuk yakni Bank Mandiri, BTN atau BNI. Peserta melakukan pembayaran sesuai dengan kode KAP, PIN dan juga kode pembayaran yang dimiliki. Peserta diberi kesempatan 3 x 24 jam untuk melakukan pembayaran. Setelahnya, peserta dapat melakukan penandaan bahwa telah melakukan pembayaran dan mencetak tanda bukti pembayaran.

Menuntaskan proses pendaftaran

Setelah melakukan proses pembayaran peserta dapat kembali masuk ke laman resmi pendaftaran SBMPTN. Kali ini peserta sudah dapat mendaftar dengan menekan tombol "Menu B" untuk menuntaskan proses pendaftaran.

Dalam laman resmi pendaftaran, Panitia SBMPTN secara khusus memberikan catatan khusus untuk proses pendaftaran secara online ini: Panitia meminta peserta mempersiapkan file pasfoto untuk diunggah pada saat login, bahwa file pasfoto tersebut harus sesuai dengan persyaratan yang ada. 

Panitia SBMPTN meminta peserta berhati-hati dalam melindungi kerahasiaan KAP dan PIN SBMPTN, jika KAP dan PIN dipergunakan oleh orang lain maka dapat berakibat peserta harus membayar biaya seleksi lagi.

Jika meninggalkan komputer atau akan dipakai oleh pengguna lain, panitia mengingatkan peserta telah keluar dengan cara menekan tombol "Keluar" yang tersedia.

Peserta juga diminta berhati-hati dalam mengisi pendaftaran online ini. Kesalahan pengisian dapat berakibat peserta harus membayar biaya seleksi lagi.  (Yohanes Enggar Harususilo)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hari Ini Terakhir Pendaftaran SBMPTN! Ini Catatan Khusus dari Panitia",

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

Tag

TERBARU

[X]
×