kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penting! Ini 3 masalah menyangkut BLT UMKM Rp 1,2 juta dan solusinya


Senin, 19 April 2021 / 06:19 WIB
Penting! Ini 3 masalah menyangkut BLT UMKM Rp 1,2 juta dan solusinya
ILUSTRASI. Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah menjalani proses pendataan diri untuk menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Presiden di Kantor Cabang BRI Tangerang Selatan, Jumat (23/10). KONTAN/Carolus Agus Waluyo/23/10/2020.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ini kabar baik bagi pelaku UMKM di Indonesia. Selama pandemi, pemerintah akan menggelontorkan Bantuan Langsung Tunai untuk pelaku UMKM (BLT UMKM) atau yang kerap disebut dengan Bantuan Produktif untuk Usaha Mikro (BPUM). 

Kebijakan ini akan menyasar 12,8 juta pelaku usaha mikro yang tersebar di seluruh Indonesia. Pada 2021, pemerintah telah menganggarkan program BLT UMKM sebesar Rp 15,36 triliun. Adapun BPUM yang diberikan kali ini adalah sebesar Rp 1,2 juta per penerima bantuan. 

Berikut ini sejumlah persoalan yang kerap dikeluhkan para warganet di media sosial terkait BLT UMKM dan solusinya: 

1. Terdaftar di eform.bri.co.id namun saldo belum masuk 

Salah satu persoalan atau pertanyaan yang kerap muncul di media sosial yakni terkait status warga yang dinyatakan sebagai penerima. Awalnya sewaktu mengecek di laman eform.bri.co.id/bpum, yang bersangkutan terdaftar sebagai penerima, namun setelah dicek di rekening ternyata tidak ada. 

Salah satu netizen yang menanyakan hal tersebut adalah akun Gilang Putra di grup Facebook Sukoharjo Makmur. 

Baca Juga: Sudah daftar pengajuan BLT UMKM Rp 1,2 juta? Cek daftar penerima di eform.bri.co.id

"Yg senasib mari kumpul. Habis cek di BRI eform terdaftar. Habis print mutasi butab. ZONK" tulis akun tersebut sembari melampirkan tangkapan layar status penerimaan di eform dan foto buku rekening. 

Terkait hal tersebut Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto mengatakan penerima yang mengeluhkan saldo mutasi rekeningnya belum masuk maka perlu memastikan lebih lanjut. 

Baca Juga: Step by step, ini tata cara untuk dapatkan BLT UMKM 2021 Rp 1,2 juta




TERBARU

[X]
×