kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45979,15   -10,44   -1.05%
  • EMAS999.000 0,10%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Pengusaha Sebut Ramadan dan Lebaran Jadi Momen Genjot Pertumbuhan Ekonomi


Senin, 14 Maret 2022 / 19:12 WIB
Pengusaha Sebut Ramadan dan Lebaran Jadi Momen Genjot Pertumbuhan Ekonomi
ILUSTRASI. Geliat Ritel Ramadhan: Warga berbelanja di sebuah supermarket di Tangerang Selatan, Senin (6/3). Pengusaha Sebut Ramadan dan Lebaran Jadi Momen Genjot Pertumbuhan Ekonomi.


Reporter: Dendi Siswanto | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Rencana pemerintah menuju transisi dari pandemi ke endemi menjadi angin segar dan disambut baik oleh para pelaku usaha. Pasalnya, saat ini berbagai sektor ekonomi sangat terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Sarman Simonjarang mengungkapkan, dengan perubahan status pandemi menjadi endemi diharapkan dapat mengembalikan kembali berbagai aktivitas perekonomian ke arah yang normal sesungguhnya.

Sarman berharap perubahan status pandemi menjadi endemi ini dapat diterapkan pada akhir Maret 2022. Apalagi pada bulan April 2022 bertepatan dengan bulan Ramadan dan Lebaran sehingga para pelaku usaha ingin memanfaatkan momentum tersebut.

Baca Juga: Transisi Menuju Endemi, Simak Proyeksi Saham-Saham Sektor Kesehatan

“Kalau kami dari pelaku usaha sangat berharap sebenarnya kalau bisa akhir bulan ini status itu diterapkan, tentu akan lebih baik. Kita ingin memanfaatkan momentum Ramadan dan lebaran ini untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi,” ujar Sarman kepada Kontan.co.id, Senin (14/3).

Selain itu, pada bulan Ramadan dan lebaran biasanya masyarakat banyak yang berbelanja berbagai kebutuhan baik pangan maupun baju lebaran sehingga dirinya yakin hal ini akan menaikkan jumlah konsumsi rumah tangga dan akan memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi.

“Kita tahu bahwa perputaran uang terbesar adalah pada saat momentum bulan-bulan puasa sampai dengan lebaran. Ini sangat dimanfaatkan oleh dunia usaha untuk memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat,” katanya.

Baca Juga: Pengusaha Sambut Antusias Wacana Transisi Pandemi Menuju Endemi

Ia juga berharap agar pemerintah tidak melewatkan momentum tersebut, apalagi jika pemerintah nantinya juga memperbolehkan masyarakat untuk mudik lebaran.

“Kalau pemerintah ternyata juga memperbolehkan masyarakat kita untuk pulang mudik, saya rasa ini juga bisa menjadi momentum yang sangat bagus karena akan ada aliran uang dari kota ke daerah dan itu akan meningkatkan gejolak aktivitas ekonomi di daerah sehingga dapat menggerakkan pertumbuhan ekonomi,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×