kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pengamat menilai vaksin booster kepada masyarakat tidak boleh dipungut biaya


Kamis, 09 September 2021 / 15:41 WIB
Pengamat menilai vaksin booster kepada masyarakat tidak boleh dipungut biaya
ILUSTRASI. Seorang santri berjalan keluar ruangan usai mendapatkan suntikan vaksin COVID-19. ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/hp.


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pengamat Kebijakan Publik Trubus Rahadiansyah menilai, jika pemerintah nantinya meluncurkan kebijakan pemberian vaksin dosis ketiga (booster) bagi masyarakat umum, maka ada baiknya dilaksanakan secara gratis.

"Kalau menurut saya (jika ada booster) tetap gratis karena rujukannya pada Perpres 99 no 2020 itu kan vaksin itu gratis. Permenkes no 84/2020 juga sebut gratis," jelas Trubus kepada Kontan.co.id, Rabu (8/9).

Didukung dengan pernyataan Presiden Joko Widodo yang membatalkan vaksin berbayar atau vaksin Gotong Royong yang semula akan disalurkan melalui Kimia Farma. Maka Trubus berharap jika terdapat vaksin booster nantinya dapat dilaksanakan secara gratis seperti vaksinasi Covid-19 yang saat ini berjalan.

Baca Juga: Lima Vaksin Ini Tetap Memberikan Kemampuan Kekebalan Terhadap Mutasi Covid-19 VOC

Guna mencegah potensi vaksin booster berbayar jika suatu saat diterapkan, Trubus menilai perlu adanya kebijakan kuat seperti Perpres untuk pelaksanaannya. "Perlu ada penekanan kebijakan itu karena kita negara hukum. Harus ada kebijakan yang menekankan bahwa booster nantinya gratis," imbuhnya.

Ia menambahkan, vaksin sekarang sudah bukan menjadi privat goods, melainkan public goods. Artinya vaksinasi menjadi kewajiban bagi pemerintah untuk penyelenggaraannya. "Karena ini masih suasana extra-ordinary maka harusnya boostet gratis kepada semua masyarakat umum," ujarnya.

Selanjutnya: Tak ada vaksin booster, RS Mandaya Royal Hospital Puri minta maaf

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×