kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.520.000   12.000   0,80%
  • USD/IDR 15.914   16,00   0,10%
  • IDX 7.199   58,54   0,82%
  • KOMPAS100 1.106   11,37   1,04%
  • LQ45 878   11,64   1,34%
  • ISSI 221   1,06   0,48%
  • IDX30 449   6,23   1,41%
  • IDXHIDIV20 540   5,82   1,09%
  • IDX80 127   1,42   1,13%
  • IDXV30 134   0,44   0,33%
  • IDXQ30 149   1,71   1,16%

Pengamat: Kelompok penolak istilah non-muslim datang dari pendukung Prabowo


Kamis, 07 Maret 2019 / 12:53 WIB
Pengamat: Kelompok penolak istilah non-muslim datang dari pendukung Prabowo


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pengamat Politik Universitas Islam Negeri Gunung Jati Bandung Mahbub Hefdfzil Akbar menilai, pihak yang tersinggung dengan hasil Bahsul Masail Nahdlatul Ulama, yang melarang penyebutan kafir bagi non muslim adalah pihak yang penganut ideologi ekstrem doktrin al Bara.

Anehnya, mereka yang tak setuju pandangan NU, justru rata rata kelompok pendukung Prabowo. Padahal, nyata keluarga besar Prabowo mayoritas kategori non muslim. Hanya Prabowo dan ayahnya yang muslim.

Yang menolak penyebutan non -muslim justru pendukung Prabowo. Makin nyata pendukung Prabowo punya agenda tersembunyi.

"Kelompok garis keras pasti menganut doktrin al bara’ ini, membenci setiap non muslim. Teroris ISIS, al Qaida, JAD dan lain-lain seringkali mengulang-mengulang doktrin ini," katanya dalam keterangan, Kamis (7/3).

Dalam beberapa tahun terakhir, lanjut dia, di dunia salafisme modern, doktrin ini gencar didakwahkan di seluruh dunia baik atas nama anti asing atau sesama muslim yang mereka tuduh kafir, bermaksiat bahkan yang menganut sistem kafir seperti demokrasi. NU sering kali dituduh sesat oleh kelompok ini.

Menurutnya, negara di Timur Tengah juga luluh lantak oleh doktrin kebablasan dan disalahgunakan ini. Mengapa kebablasan? Karena Rasulullah sendiri bergaul baik, bertransaksi dengan non muslim Madinah.

"Rasul juga tidak memanggil pamannya Abu Thalib atau Mukhayriq yang Yahudi dengan sebutan “Hei Kafir”," kata dia.

Para penganut ideologi al bara’ kata dia, merasa terhujam hulu hati doktrinnya karena selama ini itulah dakwah mereka.

Adapun cibiran bahwa hasil Bahtsul Masail dituduh ingin merevisi kata kafir dalam Al quran sungguh mengada-ada. Yang dibahas adalah konteks nation state, wilayah fiqh siyasah bukan wilayah aqidah. Ini sudah sangat jelas.

"Ada juga yang tersinggung bukan karena hal-hal di atas, tapi gara-gara politik karena banyak kiai sepuh NU yang mendukung 01," kata dia.

Untuk golongan faham ini, kata dia, tak perlu didebat secara serius, apalagi disodorkan kitab. Cukup dengan mengatakan bahwa Prabowo Subianto sudah dan pasti setuju. Mana mau Prabowo jika keluarga besarnya dibilang kafir.

"Pasti mingkem. Bukankah hanya Prabowo yang bisa membuat mereka moderat?," kata dia.

Sementara, Persekutuan Gereja Indonesia (PGI) menyebut istilah kafir dapat memunculkan stigma negatif terhadap warga negara non-muslim.

Jika ini dibiarkan, kata dia, berpotensi memunculkan permusuhan antarumat beragama. "Penyebutan istilah kafir terhadap seseorang mengganggu persaudaraan kita," kata Umum PGI Henriette Hutabarat Lebang.

Istilah kafir, lanjut Sekretaris Umum PGI Ghomar Gultom sebaiknya digunakan dalam internal agama dan tak perlu dibawa ke ruang publik.

Menurutnya, istilah itu sebaiknya dengan warga negara saja. "Saat menyangkut ruang publik, baiklah kita pakai warga negara saja," kata Ghomar.

Munas Alim Ulama NU yang diselenggarakan di Banjar, Jawa Barat pada 27 Februari-1 Maret 2019 menelurkan rekomendasi untuk tidak memanggil umat non-muslim dengan sebutan kafir.

Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj menilai istilah kafir bagi sebagian kelompok non-muslim mengandung unsur kekerasan teologis. Istilah tersebut juga tidak dikenal dalam sistem kewarganegaraan.

Setiap warga negara memiliki hak yang sama di mata konstitusi. Ada pun, Said menjelaskan istilah kafir hanya berlaku ketika Nabi Muhammad SAW berada di Makkah. Istilah tersebut diperuntukkan kepada orang-orang yang menyembah berhala, tidak memiliki kitab suci serta agama yang benar.

"Ketika Nabi Muhammad hijrah ke Madinah, tidak ada istilah kafir bagi warga Madinah. Ada tiga suku non-muslim di Madinah, di sana non-muslim tidak disebut kafir," kata Said.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×