CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.018,99   5,77   0.57%
  • EMAS992.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

Penerimaan cukai vape naik terus, Ditjen Bea Cukai makin serius pada sektor ini


Kamis, 04 Februari 2021 / 16:29 WIB
Penerimaan cukai vape naik terus, Ditjen Bea Cukai makin serius pada sektor ini
ILUSTRASI. Penerimaan cukai vape naik terus, Ditjen Bea Cukai makin serius pada sektor ini


Reporter: Bidara Pink | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat, adanya tren peningkatan penerimaan cukai hasil pengolahan tembakau lainnya (HPTL) seperti ekstrak tembakau atau cairan rokok elektrik (liquid vape).

Kepala Seksi tarif cukai dan harga dasar I Direktorat Teknis dan Fasilitas DJBC Putu Eko Prasetio mengatakan, pemerintah akan lebih serius pada sektor ini karena membawa potensi penerimaan yang menggembirakan.

“Ini sebenarnya sektor baru, tetapi berkembang terus. Kami memandang perlu serius untuk sektor ini, karena dari sisi penerimaan sangat menjanjikan,” tegas Putu dalam web seminar, Kamis (4/2).

Pengenaan cukai HPTL memang baru dilangsungkan pada pertengahan tahun 2018. Hingga akhir tahun 2020, penerimaan tercatat Rp 99 miliar. Kemudian, pada tahun 2019 penerimaan cukai HPTL meroket 331,1% menjadi Rp 427,01 miliar.

Baca Juga: Punya profil risiko berbeda, asosiasi minta peringatan kesehatan HPTL diatur

Dan pada tahun 2020 kembali naik 59,2% menjadi Rp 689 miliar, dengan penerimaan cukai yang paling dominan ada pada ekstrak dan essence tembakau (EET)-cair sebesar Rp 604,9 miliar atau memegang porsi 88,9%.

“Iya, memang penerimaan cukai HPTL ini mayoritasnya didapat dari EET-cair atau yang lebih dikenal dengan li1uid vape,” terangnya.

Kemudian, DJBC mencatat setidaknya ada 220 pabrik HTPL yangmelakukan pemesanan pita cukai pada tahun 2020. Sebaran pabrikan HTPL terbanyak pun terpantau berada di Bandung, Jawa Barat.

Lebih lanjut, Putu mengatakan arah kebijakan pemerintah terkait cukai HTPL ini memang masih belum pasti karena banyak perdebatan terkait masalah kesehatan.

Baca Juga: Chatib Basri: Besaran BLT idealnya ditambah jadi Rp 1 juta per rumah tangga

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Financial Modeling & Corporate Valuation Fundamental THE FUTURE OF SELLING

[X]
×