kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45790,50   -3,71   -0.47%
  • EMAS1.007.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.22%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.23%

Pendaftaran bantuan kuota untuk mahasiswa segera ditutup, ini cara mendapatkannya


Rabu, 02 September 2020 / 14:14 WIB
Pendaftaran bantuan kuota untuk mahasiswa segera ditutup, ini cara mendapatkannya
ILUSTRASI. Pendaftaran bantuan kuota untuk mahasiswa segera ditutup, ini cara mendapatkannya. Tribunnews/Jeprima

Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Bantuan kuota untuk mahasiswa segera diberikan demi mendukung kegiatan perkuliahan secara online. Guna mendapatkan bantuan kuota untuk mahasiswa, calon penerima harus memenuhi sejumlah persyaratan.

Bantuan kuota untuk mahasiswa merupakan implementasi dari Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Tahun Ajaran 2020-2021 pada masa Pandemi Covid-19.

Baca juga: Malaysia larang warga Indonesia dan 2 negara lain masuk ke wilayahnya, ini alasannya

Selain untuk mahasiwa, bantuan kuota internet juga diberikan kepada siswa, guru, dan dosen. Diharapkan pemberian bantuan kuota internet memperlancar pembelajaran jarak jauh. 

Bantuan kuota tersebut adalah Rp 35.000 atau setara 35 GB per bulan bagi siswa. Lalu bantuan kuota untuk guru sebesar Rp 42.000 atau 42 GB kuota internet. Sedangkan bantuan kuota untuk mahasiswa dan dosen sebesar 50 GB setiap bulannya.

Rencananya, bantuan kuota internet akan diberikan selama empat bulan, mulai September hingga Desember 2020.

Untuk mendapatkan bantuan kuota, calon penerima harus melakukan sejumlah hal. Berdasarkan publikasi di akun Instagram Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi ( Ditjen Dikti) Kemendikbud, Selasa (1/9/2020), berikut persyaratan guna mendapat bantuan kuota untuk mahasiswa.

  1. Melakukan pemutakhiran data kontak mahasiswa dan dosen sesuai dengan surat yang dirilis oleh Ditjen Dikti pada 21 Agustus 2020 tentang Pemutakhiran Data pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD Dikti).
  2. Melengkapi dan melakukan validasi data pada seluruh dosen dan mahasiswa aktif terutama pada nomor seluler yang masih digunakan saat ini.
  3. Melakukan pengalihan bantuan serupa yang sudah dilakukan agar tidak terjadi duplikasi bantuan.

Batas waktu pemutakhiran data dalam bantuan kuota untuk mahasiswa yakni pada 11 September 2020. "Untuk batas akhir waktu pemutakhiran data ialah hari Jumat, tanggal 11 September 2020. Silahkan dicatat tanggalnya dan jangan sampai terlewat ya," tulis akun Instragram Ditjen Dikti.

Publikasi tentang cara mendapatkan bantuan kuota untuk mahasiswa ini mendapat respon yang banyak dari netizen. Per Selasa (2/9/2020) pukul 14.04 WIB, sebanyak 10.611 netizen menyematkan tanda "like" di postingan tersebut.

Baca juga: Promo tumbler Tupperware khusus September 2020

Banyak juga mahasiswa yang memanfaatkan publikasi itu untuk menanyakan lebih lanjut terkait program bantuan kuota untuk mahasiswa tersebut. Banyak mahasiswa yang masih bingung dimana harus melakukan pemutakhiran data. Pasalnya, mereka tidak mendapatkan informasi yang lebih jelas terkait program bantuan kuota untuk mahasiswa tersebut dari pihak kampus.

"Dari kampus adem ayem tentrem, belum ada info apa-apa min... Piye carane iki (bagaimana caranya ini)," tulis salah satu akun instagram dalam kolom komentar.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×