kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.016,36   10,57   1.05%
  • EMAS980.000 -0,81%
  • RD.SAHAM -0.27%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.09%

Penanganan utang jadi salah satu fokus dirut baru PLN


Selasa, 07 Desember 2021 / 06:05 WIB
Penanganan utang jadi salah satu fokus dirut baru PLN


Reporter: Filemon Agung | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Kementerian BUMN menunjuk Darmawan Prasodjo sebagai Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang baru menggantikan Zulkifli Zaini. Darmawan memastikan akan tetap berupaya menjaga tingkat utang PLN di tengah target mendorong transisi energi.

Darmawan mengungkapkan, sesuai arahan Menteri BUMN Erick Thohir langkah transisi energi diharapkan jangan sampai membebani anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN).

Maka itu, PLN akan tetap berupaya menjaga rasio keuangan PLN seperti yang telah dilakukan selama ini. "Beliau (Erick Thohir) mengarahkan kepada PLN, transformasi yang sudah berjalan dua tahun ini secara holistik, salah satunya dari keuangan  yang sudah berjalan dengan baik itu perlu ditingkatkan," kata Darmawan dalam konferensi pers di Kantor Pusat PLN, Senin (6/12).

Baca Juga: Menteri BUMN tunjuk Darmawan Prasodjo jadi Direktur Utama PLN

Darmawan menyebutkan, dalam setahun terakhir PLN telah sukses menurunkan utang sebesar Rp 50 triliun. Ke depannya, PLN tetap berupaya menjaga agar tingkatan utang tidak kian membengkak.

Selain itu, PLN juga kini tengah memetakan utang-utang yang akan segera jatuh tempo untuk dapat di-refinancing. Selain itu, PLN pun bakal mendorong pencarian investasi yang memiliki rate of return yang lebih baik.

"Jadi lebih besar investment rate of return (IRR) daripada cost of fund. Kita efisiensi sehingga nanti kondisi keuangan PLN bisa lebih baik. Masih dipetakan," imbuh Darmawan.

Baca Juga: Jadi bos PLN, Darmawan Prasodjo tambah daftar politisi sebagai pejabat BUMN

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Data Analysis with Excel Pivot Table Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×