kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemudik Angkutan Umum Tembus 8 Juta, Moda Ini yang Paling Banyak Dipakai


Sabtu, 07 Mei 2022 / 15:06 WIB
Pemudik Angkutan Umum Tembus 8 Juta, Moda Ini yang Paling Banyak Dipakai
ILUSTRASI. Foto udara sejumlah kendaraan pemudik mengantre untuk menaiki kapal di Pelabuhan Merak, Banten, Jumat (29/4/2022).


Sumber: Kompas.com | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat, terjadi peningkatan penumpang angkutan umum di masa mudik Lebaran kali ini secara kumulatif. Pemantauan pergerakan penumpang mudik tahun ini dilakukan di 111 terminal bus, 16 pelabuhan penyeberangan, 50 bandar udara, 110 pelabuhan laut, dan 13 Daop/ Divre.

"Hingga H+2, total pergerakan penumpang angkutan umum pada angkutan Lebaran tahun ini mencapai 8.086.888 penumpang,” ungkap Juru Bicara Kemenhub, Adita Irawati dalam siaran pers, Sabtu (7/5).

Adita mengungkapkan, jumlah penumpang secara kumulatif dari H-7 hingga H+2 Hari Raya Idul Fitri didominasi oleh penumpang angkutan penyeberangan. Pergerakan penumpang yang terpadat berada di 5 pelabuhan, yakni Pelabuhan Merak, Pelabuhan Bakauheni, Pelabuhan Gilimanuk, Pelabuhan Ketapang, dan Pelabuhan Kariangau Balikpapan.

Baca Juga: Bisa Jadi Alternatif, Ini Daftar Rest Area dan SPBU di Jalur Non-tol

"Pergerakan penumpang angkutan penyeberangan masih yang tertinggi yaitu sebanyak 2.377.036 penumpang," ucap Adita.

Kemudian, jumlah penumpang angkutan udara menjadi yang terbanyak kedua setelah angkutan penyeberangan, dengan total mencapai 1.981.210 penumpang. Adita bilang, terdapat lima bandara terpadat dalam periode mudik Lebaran tahun ini.

"Pergerakan penumpang keberangkatan terpadat di lima bandara yakni, Soekarno-Hatta, Sultan Hasanuddin Makassar, Juanda Surabaya, Ngurah Rai Bali, dan Sepinggan Balikpapan," ujar Adita.

Terbanyak ketiga adalah penumpang angkutan jalan dengan total 1.636.592 penumpang. Ada lima terminal dengan pergerakan terpadat, yakni terminal Kertonegoro Ngawi, Tirtonadi (Solo), Giwangan (Yogyakarta), Ir. Soekarno (Klaten), dan Purboyo (Madiun).

Baca Juga: Belakangan Cuaca Panas di Indonesia, Ini Penyebabnya Menurut BMKG

Sementara itu, angkutan kereta api sebanyak 1.330.795 penumpang. Dengan pergerakan penumpang terpadat di 5 Daerah Operasi (Daop) yakni, Daop I Jakarta, Daop VIII Surabaya, Daop VI Yogyakarta, Daop II Bandung, dan Daop IV Semarang.

"Penumpang angkutan Laut sebanyak 761.255 penumpang. Dengan pergerakan penumpang keberangkatan terpadat di 5 pelabuhan yakni Gilimanuk, Batam, Tanjung Balai Karimun, Tanjung Pinang, dan Balikpapan," tandas Adita.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Pemudik Angkutan Umum Tembus 8 Juta, Moda Ini yang Paling Banyak Dipakai.
Penulis: Fika Nurul Ulya
Editor: Erlangga Djumena

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×