kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.520.000   0   0,00%
  • USD/IDR 16.200   0,00   0,00%
  • IDX 7.066   -30,70   -0,43%
  • KOMPAS100 1.055   -6,75   -0,64%
  • LQ45 830   -5,26   -0,63%
  • ISSI 215   0,27   0,12%
  • IDX30 424   -2,36   -0,55%
  • IDXHIDIV20 513   -0,30   -0,06%
  • IDX80 120   -0,79   -0,65%
  • IDXV30 124   -1,30   -1,04%
  • IDXQ30 142   -0,32   -0,23%

Pemprov DKI Jakarta akan buat 30 jalur sepeda


Sabtu, 13 September 2014 / 09:45 WIB
Pemprov DKI Jakarta akan buat 30 jalur sepeda
ILUSTRASI. Makanan dan minuman yang harus dibatasi saat sahur dan buka puasa karena bisa menyebabkan haus.


Reporter: Uji Agung Santosa | Editor: Uji Agung Santosa

JAKARTA. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta merencanakan untuk menyiapkan 30 rute jalur sepeda tersebar di sejumlah wilayah setelah sukses merealisasikan jalur sepeda di Kanal Banjir Timur (KBT) pada 2012.

"Nantinya ada 30 rute yang disiapkan, termasuk yang sudah ada di Banjir Kanal Timur. Masyarakat harus merasa aman ketika bersepeda karena selama ini tidak ada jalur tersendiri untuk sepeda," kata Staf Program Anggaran Dinas Perhubungan Pemprov DKI Jakarta Herlina di Jakarta, Jumat (12/9/2014), seperti dikutip Antara.

Sebanyak 30 jalur sepeda nantinya tersebar di beberapa jalan besar Jakarta, di antaranya Jalan Jenderal Sudirman, Medan Merdeka Selatan, Salemba Raya, Pasar Jumat, Pemuda, hingga Ancol dan Benyamin Sueb.

Jalur sepeda tersebut terletak di lajur cepat jalan sebelah kanan. Jika jalan tersebut dilintasi bus Transjakarta, jalur sepeda berada di sebelah kiri.

Rambu khusus jalur sepeda juga akan dipasang di sepanjang rute agar masyarakat merasa aman dan nyaman ketika bersepeda dan tidak khawatir bersenggolan dengan kendaraan bermotor.

Herlina menambahkan, banyak yang harus dibenahi, mulai dari pembatas untuk lintasan sampai kesadaran masyarakat yang perlu dibangun agar pengendara motor dan mobil tidak melintas di jalur sepeda.

Menurut Herlina, penyandaran juga perlu dibangun di dekat halte bus karena banyak masyarakat yang mengeluh jarak antara penyandaran dan halte terlalu jauh.

Rencana jalur sepeda ini bertujuan membangun minat masyarakat untuk bersepeda tidak hanya pagi hari ketika bekerja (bike to work), tetapi juga di lain waktu layaknya berkendaraan umum.

Menurut data Pemprov DKI, kualitas udara meningkat setelah car free day rutin dilaksanakan. Dengan slogan "Sehat dan Ramah Lingkungan", Pemprov DKI berharap polusi udara dari kendaraan dapat ditekan melalui minat bersepeda pada masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective Bedah Tuntas SP2DK dan Pemeriksaan Pajak (Bedah Kasus, Solusi dan Diskusi)

[X]
×