kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemilu 2024, Partai Buruh Targetkan Rebut Kursi Gerindra hingga PDI-P di Jawa Barat


Minggu, 15 Januari 2023 / 22:13 WIB
Pemilu 2024, Partai Buruh Targetkan Rebut Kursi Gerindra hingga PDI-P di Jawa Barat
ILUSTRASI. Presiden Partai Buruh Said Iqbal, memimpin massa simpatisan partai saat aksi unjuk rasa di Jalan Medan Merdeka Barat, kawasan Patung Arjuna Wiwaha,


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Partai Buruh Said Iqbal optimistis bahwa partainya bakal merebut kembali suara-suara kaum buruh yang sebelumnya diraup oleh partai politik lain pada Pemilu 2019 lalu.

Pemilu 2024 menjadi debut Partai Buruh dan Said Iqbal optimistis Jawa Barat akan menjadi lumbung suara utama partainya.

"Partai Buruh mengandalkan basis massa," kata Iqbal kepada wartawan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Buruh di Jakarta, Minggu (15/1/2023).

Ia menyatakan, dipilihnya Jawa Barat sebagai lumbung suara mereka tak ada hubungannya dengan tingginya elektabilitas Prabowo Subianto di sana.

Baca Juga: Perbedaan Sistem Pemilu Proporsional Terbuka & Tertutup, Cek Nomor Parpol Pemilu 2024

Sebelumnya, Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) yang juga dinakhodai Iqbal memang mendukung Prabowo pada 2019. Iqbal meyakini dapat meraup suara buruh yang sebelumnya tersalurkan ke Partai Gerindra, PKS, hingga Nasdem dan PDI-P sekalipun.

"Anda bisa lihat, waktu kami mendukung Pak Prabowo, Gerindra ketika di dukung oleh Pak Prabowo sebagai presiden pasti itu salah satu naik 4 kursi. Nah, 4 kursi itu yang kita rebut kembali karena itu suara buruh," ungkapnya.

"Begitu pula mungkin suara PKS, Nasdem, PDI-P sendiri, kita go back home (kembali ke rumah). Jadi kami yakin benar dengan izin Tuhan," lanjut Iqbal.

Ia mengutip data bahwa ada sedikitnya 10 juta buruh sektor formal di Jawa Barat yang membuatnya yakin Partai Buruh bisa meraup 7-9 kursi DPR RI dari Jawa Barat. "Kalau dengan anak dan istrinya, itu 24 juta (orang). Itu kekuatan," kata Iqbal.

"Setidak-tidaknya kami yakin Wali Kota Bekasi itu (dari calon yang didukung oleh Partai) Buruh. Bupati Bekasi, buruh. Wakil Wali Kota Depok, buruh," pungkasnya.

Baca Juga: KSPI: Isi Perppu Cipta Kerja Tak Sesuai Harapan Buruh

Target Partai Buruh, ujar Iqbal, adalah minimum 20 kursi di DPR RI. Selain Jawa Barat, Partai Buruh disebut juga akan mengincar suara dari 4 provinsi andalan lain, yaitu DKI Jakarta, Banten, Jawa Timur, dan Kepulauan Riau.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Partai Buruh Targetkan Rebut Kursi Gerindra hingga PDI-P di Jawa Barat"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×