kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Pemerintah targetkan imbal hasil dana abadi LPDP capai Rp 4,5 triliun tahun depan


Selasa, 20 Agustus 2019 / 18:11 WIB
Pemerintah targetkan imbal hasil dana abadi LPDP capai Rp 4,5 triliun tahun depan
ILUSTRASI. Tahun depan, imbal hasil dana abadi LPDP ditarget Rp 4,5 triliun

Reporter: Grace Olivia | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA.  Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) terus bertumbuh. Di bawah kelolaan badan layanan umum (BLU) Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), dana abadi pendanaan pendidikan ini ditargetkan meraih imbal hasil yang lebih tinggi di tahun depan. 

Dalam Nota Keuangan, pemerintah mencatat LPDP sepanjang periode 2010-2018 telah mengelola dana abadi pendidikan sebesar Rp 46,12 triliun atau setara beasiswa kepada 20.255 orang. 

Baca Juga: Pemerintah targetkan dana abadi riset mencapai Rp 50 triliun lima tahun mendatang

Akhir tahun ini, akumulasi dana abadi pendidikan diharapkan bisa naik menjadi Rp 66,12 miliar. 

Sementara, sampai akhir semester I-2019, LPDP telah dan sedang membiayai 20.568 mahasiswa program magister/doktor, 1.866 tesis/disertasi, dan 156 proposal riset.  

LPDP selaku pengelola DPPN melakukan investasi pada berbagai instrumen untuk mendapatkan nilai tambah (return) dengan risiko terukur. Tahun depan, imbal hasil diharapkan mencapai Rp 4,5 triliun untuk mendanai program beasiswa baru maupun yang berlanjut. 

Kebutuhan imbal hasil tersebut ditujukan untuk menerima sekitar 5.000 orang mahasiswa baru, melanjutkan pembiayaan beasiswa untuk 11.000 orang mahasiswa, serta mendanai 75 riset. 

Baca Juga: Pendaftaran LPDP dibuka hari ini, catat jadwal dan alur seleksinya




TERBARU

Close [X]
×