kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemerintah siapkan skenario protokol new Normal yang dinilai produktif dan aman


Rabu, 27 Mei 2020 / 19:31 WIB
Pemerintah siapkan skenario protokol new Normal yang dinilai produktif dan aman


Reporter: Rahma Anjaeni | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah saat ini tengah menyiapkan skenario pelaksanaan protokol tatanan normal baru (new normal) yang dinilai produktif dan juga aman dari penularan wabah Corona (Covid-19).

Di dalam kajian tersebut, ada dua program yang dirancang secara bersamaan, yaitu Exit-Strategy Covid-19 yang dimulai secara bertahap pada setiap fase pembukaan ekonomi, serta Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 23 Tahun 2020.

“Pemerintah membuat rencana agar kehidupan berangsur-angsur berjalan ke arah normal, sambil memperhatikan data dan fakta yang terjadi di lapangan. Data tersebut tentu akan dikoordinasikan dan bermuara di BNPB,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di dalam keterangan tertulis, Rabu (27/5).

Baca Juga: Mal akan kembali dibuka, ini rekomendasi analis untuk saham emiten ritel

Airlangga menjelaskan, pemerintah membuat tahapan penilaian kesiapan berdasarkan sistem scoring yang mencakup dua dimensi. Pertama, dimensi kesehatan yang terdiri atas perkembangan penyakit, pengawasan virus, dan kapasitas layanan kesehatan.

Kedua, dimensi kesiapan sosial ekonomi yang mencakup berbagai protokol untuk setiap sektor, wilayah, dan transportasi yang terintegrasi satu dengan yang lainnya.

Airlangga menekankan, skenario produktif dan aman Covid-19 ini hanya bisa dicapai apabila pemerintah bersama dengan masyarakat merespons cepat upaya menekan tingkat infeksi dan kematian akibat Covid-19.

“Selain itu, kami juga mendorong pemulihan ekonomi dengan cepat melalui pembukaan kegiatan ekonomi setelah kurva melandai, serta melakukan dorongan fiskal dan moneter sehingga diharapkan kita bisa keluar dari resesi ekonomi,” kata Airlangga.




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×