kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemerintah siapkan skema vaksin virus corona gratis untuk masyarakat


Kamis, 27 Agustus 2020 / 12:47 WIB
Pemerintah siapkan skema vaksin virus corona gratis untuk masyarakat
ILUSTRASI. Petugas menyuntikan vaksin kepada relawan saat uji klinis Vaksin COVID-19, Bandung, Jawa Barat, Jumat (14/8/2020). Tim Riset Uji Klinis Vaksin COVID-19 mulai melakukan penyuntikkan vaksin bagi para relawan yang dinyatakan sehat dari hasil pemeriksaan kese


Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah mulai merancang vaksinasi massal untuk virus corona (Covid-19). Vaksinasi akan dilakukan setelah ditemukannya vaksin Covid-19. Nantinya akan disiapkan pemberian vaksin secara gratis bagi masyarakat Indonesia.

"Jadi vaksin bantuan pemerintah dimana melalui budget APBN," ujar Ketua Pelaksana Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 Erick Thohir saat rapat kerja dengan Komisi IX DPR, Kamis (27/8).

Baca Juga: Jokowi: Bantuan subsidi upah jadi reward atas kepatuhan pekerja dan pengusaha

Erick bilang nantinya program vaksin tersebut akan menggunakan data dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Nantinya program tersebut akan disebut dengan vaksin gratis.

Rencananya pemberian vaksin gratis akan mulai diberikan pada awal tahun 2021 mendatang. Selain vaksin gratis, ada pula legiatan vaksin mandiri yang biayanya ditanggung oleh penerima vaksin.

"Untuk mengurangi beban APBN kami juga mengusulkan masyarakat bisa membayar mandiri untuk yang mampu," terang Erick.

Erick menerangkan nantinya akan diatur mengenai masyarakat dengan kemampuan tertentu untuk dapat melakukan vaksin secara mandiri. Sehingga arus kas negara dapat terjaga.

Baca Juga: Bantuan subsidi upah jadi tambahan stimulus di tengah pandemi Covid-19

Asal tahu saja saat ini Covid-19 masih terus berkembang di Indonesia. Berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19 per tanggal 26 Agustus 2020 terdapat sebanyak 160.165 kasus positif di Indonesia dengan 115.409 kasus sembuh dan 6.944 kasus meninggal dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×