kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemerintah Siap Berikan Layanan Mudik Aman dan Sehat


Selasa, 12 April 2022 / 19:44 WIB
Pemerintah Siap Berikan Layanan Mudik Aman dan Sehat


Reporter: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko menegaskan, pemerintah telah siap menghadapi arus mudik lebaran 2022.

Kesiapan tersebut meliputi pelayanan transportasi massal baik darat, laut dan udara, kondisi jalan raya non tol maupun tol, pengelolaan lalu lintas, ketersediaan BBM/energi dan listrik, hingga pelaksanaan pengawasan protokol kesehatan dan persyaratan vaksin pada pelaku perjalanan mudik.

Moeldoko menyebut, dari laporan masing-masing kementerian menunjukkan bahwa rencana aksi (renaksi) kesiapan menghadapi arus mudik sudah 100%. Hanya tinggal butuh koordinasi dan kolaborasi antar kementerian/lembaga agar renaksi tersebut bisa dilaksanakan di lapangan.

"Tahun ini, pemerintah siap wujudkan layanan mudik aman mudik sehat,” kata Moeldoko usai memimpin rapat koordinasi Kantor Staf Presiden bersama Kementerian/Lembaga terkait, Selasa (12/4).

Baca Juga: Mudik Gratis 2022: Cara, Link, Syarat, dan Jadwal Berangkat ke Jateng & DIY

Dalam rapat, Moeldoko menekankan pentingnya masing-masing kementerian/lembaga untuk melakukan optimalisasi pelayanan mudik lebaran. Sebab, ujar dia, mudik tahun ini sangat krusial, di mana akan ada pergerakan 85,5 juta orang, yang memiliki emosi tinggi karena dua tahun tidak mudik.

Kondisi ini, sambung Moeldoko, harus diimbangi oleh sikap petugas/aparat yang lebih sigap, responsif, dan bisa mengambil langkah cepat atas semua persoalan di lapangan.

“Aparat harus turut memberikan kenyamanan kepada pemudik, jangan malah memberikan kejengkelan karena kemacetan, kejengkelan karena cari BBM sulit, cari toilet susah. Ini semua harus bisa diantisipasi. Intinya, jangan memberikan image bahwa pemerintah tidak bisa mengatur mudik,” tegas Moeldoko.

Moeldoko juga mengingatkan arahan Presiden Joko Widodo terkait pelaksanaan protokol kesehatan dan persyaratan vaksin untuk mudik. Ia bilang, pelaksanaan ketentuan protokol kesehatan dan persyaratan vaksin untuk mudik, harus mengacu pada satu regulasi atau aturan. Sehingga implementasi di lapangan tidak berbeda-beda dan membingungkan masyarakat.

Baca Juga: Jelang Mudik, Pelebaran Jalan Tol Cikampek Ditargetkan Rampung H-10 Lebaran 2022




TERBARU

[X]
×