kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Pemerintah salurkan dana bantuan untuk Maluku Utara lewat BNPB


Senin, 22 Juli 2019 / 14:54 WIB
Pemerintah salurkan dana bantuan untuk Maluku Utara lewat BNPB

Reporter: Bidara Pink | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Gempa bermagnitudo 7,2 mengguncang Halmahera Selatan, Maluku Utara. Menurut data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Maluku Utara, hingga 17 Juli 2019 tercatat 13.250 kepala keluarga atau 53.076 jiwa harus mengungsi.

Pemerintah memiliki anggaran dana untuk para korban gempa di Halmahera Selatan tersebut. Namun, menurut Direktur Jenderal Anggaran Kemkeu Askolani, ada mekanisme penyaluran dana untuk para korban bencana.


"Jadi, kami sudah menyiapkan dana bencana di BNPB. Nanti kalau habis, BNPB bisa meminta lagi ke kementerian keuangan sesuai dengan kebutuhan," kata Askolani pada Kontan.co.id seusai rapat kerja Banggar di gedung DPR RI pada hari ini (22/7).

Untuk jumlah dana yang ada di BNPB Provinsi Maluku Utara, Askolani mengaku lupa. Namun, ia memastikan ada dana di BNPB yang sudah tersalurkan dan hingga saat ini masih belum ada permintaan dana tambahan.

Selain dari pemerintah, warga Halmahera Selatan mendapat dana bantuan dari berbagai pihak, salah satunya dari PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM) yang ditunjuk oleh Kementerian BUMN sebagai koordinator penyaluran bantuan.

Dilansir dari Kontan.co.id, Antam mendirikan dua posko Induk BUMN Peduli di Antam Ternate Representative Office yang terletak di Jalan Batuangus No. 11, Ternate dan di Desa Saketa, Kecamatan Gane Barat, Maluku Utara.


Tag


TERBARU

Close [X]
×