kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemerintah resmi keluarkan travel warning ke provinsi Hubei China


Selasa, 28 Januari 2020 / 12:59 WIB
Pemerintah resmi keluarkan travel warning ke provinsi Hubei China
ILUSTRASI. Pemerintah resmi keluarkan travel warning ke provinsi Hubei China. REUTERS/Aly Song


Sumber: Kompas.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah Indonesia telah resmi mengeluarkan larangan atau travel warning bagi masyarakat untuk bepergian ke Provinsi Hubei, China. Hal ini dilakukan setelah merebaknya kasus virus corona yang saat ini tengah mendapatkan perhatian internasional. 

"Betul (pemerintah telah mengeluarkan travel warning ke Provinsi Hubei, China)," kata Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah saat dihubungi Kompas.com, Selasa (28/1) siang. 

Baca Juga: Virus corona, Menhub: Penerbangan dari China kecuali Wuhan masih dilayani

Menurut Teuku, travel warning berlaku hingga ada keterangan resmi dari pemerintah China atas keamanan di wilayahnya. "Setidaknya sampai ada keterangan resmi dari pihak RRT (China) yang menghentikan isolasi di sana dan juga menyatakan wilayah tersebut telah aman untuk dikunjungi," ujar dia. 

Di luar kota Wuhan, bagi kota-kota lain yang ada di China, Pemerintah Indonesia hanya mengeluarkan travel advisory. Yaitu warga Indonesia yang bepergian ke provinsi lain di China diminta tetap waspada. Teuku menambahkan, berdasarkan pantauan KBRI di Wuhan, hingga saat ini WNI di wilayah tersebut dalam kondisi baik. 

Virus corona 

Setidaknya hingga Selasa (28/1) sebanyak 106 orang dinyatakan meninggal dunia lantaran virus yang masih satu keluarga dengan MERS dan SARS ini. Selain itu 16 negara telah mengonfirmasi penemuan kasus yang disebabkan virus corona di wilayahnya. 

Baca Juga: Sejumlah perusahaan global keluarkan larangan berkunjung ke China

Keenam belas negara tersebut yakni: China, Thailand, Jepang, Korea Selatan, Amerika Serikat, Vietnam, Singapura, Malaysia, Nepal. Perancis, Australia, Kanada, Jerman, Taiwan, Sri Lanka, dan Kamboja. 

Sementara itu, lebih dari 4.515 orang lain terkonfirmasi positif terinfeksi virus ini. Otoritas China pun telah memperketat dan melakukan pembatasan perjalanan untuk mencegah penyebaran virus lebih luas. 




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×