kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,87   5,12   0.57%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemerintah perpanjang bansos, target disalurkan pekan ini


Senin, 05 Juli 2021 / 13:50 WIB
Pemerintah perpanjang bansos, target disalurkan pekan ini
ILUSTRASI. Suasana pencairan Bantuan Sosial Tunai (BST) di RW02 Kelurahan Bedahan, Depok, Selasa (13/04). Pemerintah perpanjang bansos, target disalurkan pekan ini.


Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Pemerintah memperpanjang pemberian bantuan sosial (bansos) untuk mengatasi pandemi virus corona (Covid-19).

Di tengah penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat, bansos menjadi kebutuhan masyarakat. Ditargetkan penyaluran bansos akan dilakukan pekan ini.

"Tadi instruksi bapak presiden agar untuk dilakukan akselerasi pembayarannya minggu ini," ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani saat konferensi pers usai Sidang Kabinet Paripurna, Senin (5/7).

Program Keluarga Harapan (PKH) yang diberikan setiap 3 bulan juga akan dipercepat penyalurannya pada bulan Juli. Terdapat 9,9 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang diharapkan dapat ditambah hingga mencapai target 10 juta KPM.

Baca Juga: PPKM darurat, Kemensos segera cairkan Bantuan Sosial Tunai (BST) Rp 600.000

Selain itu, ada pula program kartu sembako yang ditargetkan dapat disalurkan pekan ini. Sri bilang saat ini pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan jumlah penerima kartu sembako. "Tadi telah saya sampaikan ada target 18,8 juta yang sekarang baru 15,9 juta penerimanya," terang Sri.

Pemerintah juga akan menyalurkan bantuan tunai kepada 10 juta KPM selama dua bulan yang akan dibayarkan pada bulan Juli. Anggaran yang disiapkan sebesar Rp 6,1 triliun.

Selain itu, program lain seperti BLT Dana Desa juga terus digenjot akan mencapai target penyaluran 8 juta KPM dari realisasi 5 juta KPM saat ini. Program kartu prakerja pun akan kembali dibuka untuk membantu 2,8 juta peserta.

Sri juga mengungkapkan akan memperpanjang diskon tarif listrik selama 3 bulan bagi 32,6 juta pelanggan. Bantuan tersebut akan dilanjutkan hingga bulan September 2021. "Untuk itu akan diperlukan tambahan alokasi Rp 1,91 triliun," jelas Sri.

Baca Juga: Cek daftar penerima bansos saat PPKM darurat di cekbansos.kemensos.go.id




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×