kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemerintah Pastikan Belum Ada Kenaikan Harga LPG Hingga BBM


Selasa, 16 April 2024 / 14:22 WIB
Pemerintah Pastikan Belum Ada Kenaikan Harga LPG Hingga BBM
ILUSTRASI. Petugas mengisi bahan bakar minyak ke kendaraan konsumen di SPBU 5483203, Mataram, NTB, Kamis (4/4/2024). Pemerintah Pastikan Belum Ada Kenaikan Harga LPG Hingga BBM .


Reporter: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah akan mengevaluasi anggaran subsidi energi setelah Juni. Seiring dengan hal tersebut, pemerintah memastikan belum ada kenaikan harga LPG hingga BBM. 

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, dari sisi perekonomian, pemerintah melihat terjadi lonjakan harga minyak akibat serangan Israel ke Kedutaan Iran di Damascus dan juga terhadap retaliasi yang dilakukan oleh Iran.

Secara fundamental, Airlangga menyebut perekonomian Indonesia tumbuh solid 5% dengan inflasi dalam rentang 2,5% plus minus 1%. Adapun, neraca perdagangan masih surplus dan cadangan devisa masih sekitar US$ 136 miliar. 

Baca Juga: Pemerintah Evaluasi Subsidi Energi Setelah Juni, Ini Alasannya

Airlangga mengatakan, pemerintah akan terus memantau perkembangan yang ada. Pemerintah melakukan beberapa kebijakan antara lain bauran fiskal dan moneter, menjaga stabilitas nilai tukar, menjaga APBN, dan memonitor kenaikan logistik dan kenaikan harga minyak.

"Evaluasi (subsidi energi) akan kita lakukan sesudah bulan Juni," ujar Airlangga usai rapat terbatas dengan Presiden Jokowi, Selasa (16/4).

Sebelumnya, konflik Iran dengan Israel diperkirakan akan menyulut kenaikan minyak dunia. Imbasnya, harga minyak mentah Indonesia atau Indonesia Crude Price (ICP) diperkirakan bisa menjadi US$ 100 per barel.

Perkiraan tersebut naik dari asumsi ekonomi makro dalam APBN 2024, yakni ICP dipatok sebesar US$ 82 per barel.

Baca Juga: Pemerintah Evaluasi Kebijakan Harga Gas Bumi Tertentu (HGBT)

Direktur Jenderal Minyak dan Gas (Migas) Kementerian ESDM Tutuka Ariadji mengatakan, melonjaknya ICP tersebut tentunya akan berdampak pada anggaran subsidi dan kompensasi BBM dan LPG 3 kg yang akan kembali membengkak.

Mengenai subsidi dan kompensasi energi seperti, BBM, solar dan LPG 3 kg (diperkirakan naik), jika ICP naik sampai US$ 100 per barel dengan kurs yang Rp 15.900 per dolar AS,” ujar tutuka dalam agenda Ngobrol Seru Dampak Konflik Iran-Israel ke Ekonomi RI, Senin (15/4).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×