kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemerintah Indonesia dapat permintaan ekspor 1,2 miliar alat suntik, ini kata Luhut


Jumat, 27 Agustus 2021 / 11:28 WIB
Pemerintah Indonesia dapat permintaan ekspor 1,2 miliar alat suntik, ini kata Luhut
ILUSTRASI. Pemerintah Indonesia dapat permintaan ekspor 1,2 miliar alat suntik, ini kata Luhut


Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, Indonesia mendapat pesanan alat suntik sekali pakai (auto disable syringe/ADS) dari lembaga PBB, Unicef dan Kementerian Kesehatan Ukraina. 

Pesanan tersebut sebanyak 1,2 miliar alat suntik untuk pengadaan hingga tahun 2022 mendatang. Adapun alat suntik ini diproduksi oleh PT Oneject Indonesia. 

Luhut bersama Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pun melepas ekspor sebanyak 200 kontainer atau 150 juta alat suntik atau senilai 10,5 juta dollar AS di Cikarang, Jawa Barat, pada Kamis (26/8/2021) kemarin. 

Menurut Luhut, ekspor tersebut merupakan langkah yang baik di tengah upaya pemerintah untuk mengkampanyekan peningkatan penggunaan produksi dalam negeri serta mendorong ekspor produk jadi. 

Baca Juga: Oneject Indonesia ekspor alat suntik ke Unicef dan Ukraina senilai US$ 10,5 juta

"From local to global. Ini adalah mimpi pemerintah, program pemerintah sebanyak mungkin yang bisa kita bikin dalam negeri," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (27/8/2021). 

Lewat keberhasilan ekspor alat suntik ini, Luhut berharap pada masa mendatang kebutuhan impor Indonesia akan menurun. Sebab, saat ini sebagian besar alat kesehatan dalam negeri pengadaannya memang dari produk impor. 

"Pemerintah harus mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk belanja kesehatan per tahun dan sebagian besar impor, tetapi Presiden beri perintah kepada kami untuk semua buatan dalam negeri. Jadi sebanyak mungkin dalam masa pandemi ini harus buatan dalam negeri," ungkapnya. 

Oleh sebab itu, Luhut yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Timnas Penguatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) menekankan, pentingnya dukungan semua pihak untuk pengembangan produk lokal. 

Ia bilang, dengan semakin berkembangnya produk lokal, maka tidak hanya akan merambah pasar lokal tetapi juga mencapai global. "Sehingga ini akan mampu menghemat devisa bahkan meningkatkan ekspor yang berdampak bagi perekonomian nasional, seperti yang dilakukan OneJect Indonesia saat ini,” kata dia. 

Baca Juga: Mulai diversifikasi, Itama Ranoraya (IRRA) bidik penjualan melesat 100% di 2021

Meski demikian, jarum suntik dari alat suntik sekali pakai buatan Oneject Indonesia, masih didapat dari impor. Luhut berharap ke depannya produk alat suntik tersebut bisa menggunakan jarum suntik buatan dalam negeri, mengingat Indonesia memiliki pabrik stainless steel di Morowali. 

Menurut dia, dengan suplai produk stainless steel dari pabrik di Morowali, Luhut meyakini bahwa kandungan lokal produk OneJect Indonesia bisa meningkat hingga 80%. 

"Ini jarumnya masih kita impor padahal kita punya pabrik stainless steel terbagus di Morowali. Saya akan ngomong dengan Morowali agar bahan bakunya bisa dikasih ke Oneject," pungkas dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Indonesia Ekspor 1,2 Miliar Alat Suntik, Luhut: Ini Mimpi Pemerintah..."
Penulis : Yohana Artha Uly
Editor : Erlangga Djumena

Selanjutnya: Valuasi Harga Saham PBRX Menarik, Kinerja Juga Ciamik, Sayangnya Utang Masih Membelit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×