kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemerintah diminta jamin keamanan tol trans sumatera jelang mudik lebaran


Senin, 20 Mei 2019 / 08:44 WIB
Pemerintah diminta jamin keamanan tol trans sumatera jelang mudik lebaran


Reporter: Vendi Yhulia Susanto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah pihak meminta pemerintah untuk memperketat keamanan di ruas jalan tol Sumatera. Terutama ruas tol Bakauheni - Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung - Palembang.

Pengamat Transportasi dari Universitas Soegijapranata Djoko Setijowarno bilang, jaminan keamanan diperlukan untuk pemudik yang menggunakan Tol Trans Sumatera. Untuk mencegah tindak kejahatan yang selama ini kerap terjadi di ruas non tol Lintas Timur Sumatera beralih ke jalan tol yang sudah beroperasi.

Sebab itu, Djoko meminta agar pemerintah menempatkan setiap personil keamanan di setiap gerbang tol dan di titik – titik yang rawan tindak kejahatan. Serta mengimbau agar pengguna tol mencatat nomor call center atau pusat penggilan yang terpampang di sepanjang tol tersebut.

“Selama musim mudik dan balik, di setiap GT ditempatkan minimal dua orang bersenjata dari kesatuan Brimob, TNI AL (Marinir) atau TNI AD. Juga di beberapa titik yang dianggap rawan kriminal ditempatkan penembak jitu atau snipper. Dengan adanya aparat keamanan ada jaminan rasa aman bagi pemudik,” jelas Djoko dalam keterangan tertulisnya, Minggu (19/5).

Di samping itu, Ia mengapresiasi keberadaan Tol Trans Sumatera karena mampu mempersingkat waktu perjalanan. Misalnya, Bakauheni – Bandar Lampung hanya butuh waktu 45 menit. Padahal, jika menggunakan jalan non tol Lintas Timur Sumatera bisa membutuhkan waktu 2 jam hingga 2,5 jam.

Demikian pula jika trans sumatera sudah terhubung ke Palembang yang jaraknya 366,03 km dari Bakauheni hanya memerlukan sekitar 4 jam. Padahal, jika memakai jalan lintas Timur bisa membutuhkan waktu sekitar 10 sampai 12 jam. “Menyingkat waktu 70%,” ucap dia.

Seperti diketahui, menjelang musim mudik lebaran 2019, selain adanya Tol Trans Jawa, di Sumatera juga beroperasi sebagian Tol Trans Sumatera. Adapun ruas tol yang beroperasi berada di Sumatera Utara, Sumatera Selatan dan Lampung.

Di Sumatera Utara ada 115,27 km yang terdiri dari ruas Tol Medan-Binjai 10,46 km, Medan-Kualanamu - Tebing Tinggi 62,11 km, Belawan - Medan - Tanjung Morawa 42,7 km.

Di Sumatera Selatan ada ruas Tol Palembang-Indralaya 21,93 km, Kayu Agung - Palembang 40 km (belum operasi) dan Pematang Panggang - Kayu Agung 87 km (belum operasi) .

Di Provinsi Lampung ada ruas Tol Bakauheni -Bandar Lampung - Terbanggi Besar 139,93 km dan Terbanggi Besar - Pematang Panggang 99,1 km (belum beroperasi).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×