kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45770,67   6,06   0.79%
  • EMAS888.000 0,11%
  • RD.SAHAM -0.17%
  • RD.CAMPURAN -0.05%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.12%

Pemerintah berencana membangun pangkalan angkatan laut di Natuna


Kamis, 09 Januari 2020 / 16:47 WIB
Pemerintah berencana membangun pangkalan angkatan laut di Natuna
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo meninjau kesiapan kapal perang Usman Harun di Puslabuh TNI AL d Selat Lampa, Natuna, Rabu (8/1/2020).

Reporter: Abdul Basith | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD mengatakan pemerintah menyiapkan sejumlah rencana terkait menambah alat utama sistem persenjataan (alutsista) di Perairan Natuna.

Salah satunya rencana untuk membangun pangkalan TNI Angkatan Laut (AL) di kawasan Natuna. Rencana tersebut disampaikan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa.

Baca Juga: Mahfud MD sebut kapal China telah tinggalkan perairan Natuna

"Bappenas mau membangun pangkalan angkatan laut di Natuna, oh bagus juga saya bilang, biar hidup di sana," ujar Mahfud usai rapat terbatas, Kamis (9/1).

Meski begitu Mahfud belum memastikan kapan rencana itu akan dilakukan. Ide tersebut harus dibahas lebih lanjut untuk dilaksanakan.

Rencana tersebut masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024. Selain pangkalan TNI AL, akan dibuat juga pangkalan kapal ikan di enam titik.

Baca Juga: Jokowi minta para duta besar lebih giat lakukan diplomasi ekonomi

Selain rencana Bappenas, Mahfud juga bilang ada rencana pengembangan alutsista dari Kementerian Pertahanan (Kemhan). Sebelumnya Wakil Menteri Pertahanan Wahyu Sakti Trenggono bilang akan membuat empat kapal patroli. "Ada dua jenis yang satu fregat yang satu namanya OVP. Jadi dua sama dua, empat," terang Wahyu sebelumnya.

Dua kapal tersebut akan dibuat oleh industri dalam negeri. Meski begitu Wahyu belum menyampaikan kapan kapal tersebut bisa digunakan.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×