kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemerintah batalkan pembangunan mega proyek bandara Bali Utara


Minggu, 04 Maret 2018 / 10:06 WIB
Pemerintah batalkan pembangunan mega proyek bandara Bali Utara
ILUSTRASI. BIBU Bangun Bandara Internasional di Bali Utara


Reporter: Sinar Putri S.Utami | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rencana pembangunan mega proyek bandara udara internasional di Bali Utara dipastikan batal.

Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, ada empat alasan mengapa pemerintah enggan melaksanakan pembangunan bandara yang diinisasi oleh PT Bandara Internasional Bali Utara (BIBU) Panji Sakti itu.

Pertama, kesulitan membangun akses kereta api. "Tidak elok membuat kereta api lingkar Bali, tapi jalan memotong gunung dan tol. Kemudian ada pantai kiri kanan, sehingga terbuka satu," ujarnya di komplek istana negara akhir pekan lalu.

Kedua, pemerintah lebih memilih lapangan terbang denpasar di perkuat.

Ketiga, memperbanyak area pesawat yang sudah ada.

Keempat, akan dibangun jalur kapal roro yang dibangun dari Banyuwangi ke Bali Utara.

Menurut Luhut, rencana pembangunan roro tersebut dapat mengurangi masuknya kendaraan roda empat di Bali sekitar 30%-40% . "Sehingga membuat traffic berkurang," tambahnya.

Sekadar tahu saja, keempat alasan itu merupakan hasil studi dari Bank Dunia dan PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero).

Luhut bilang, hasil studi ini juga telah disampaikan ke Presiden. "Kita kan harus berangkat dari studi tadi, sedangkan mereka tidak merekomendasikan hal itu. Pak Presiden juga bilang, kita semua kerja berdasarkan studi, bukan suka-suka," jelas dia.

Dengan demikian, pembangunan bandara Bali Utara itu tidak perlu. "Hanya bandara yang sekarang saja diperbesar diperkuat dan seterusnya," sambung Luhut.

 Sebelumnya akhir Februari lalu, PT BIBU memaparkan rencana pembangunan badara udara di Bali Utara.

Dalam hal ini PT BIBU bekerjasama dengan perusahaan asal Kanada, Kenesis Capital and Investment (KCA). KCA rencananya akan memberikan bantuan modal di sektor infrastruktur. Adapun diperkirakan nilai investasi untuk proyek ini sekitar Rp 27 triliun.

Namun sayangnya, pembangunan bandara ini ini masih terkendala penetapan izin penetapan lokasi dari Kementerian Perhubungan. Padahal permohonan izin telah diajukan kepada dua Menteri Perhubungan yang berbeda yaitu Ignasius Jonan dan Budi Karya Sumadi tetap tidak keluar.

Hal ini membuat pembangunan bandara internasional itu menjadi jalan di tempat.

Catatan saja, PT BIBU memiliki konsep pembangunan bandara mengapung (offshore) di laut lepas dengan menggandeng Airports Kinesis Consulting (AKC). Setengah dari lahan total dibangun di atas laut dengan cara memperpanjang daratan dan sisanya di daratan.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×