kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45913,59   -9,90   -1.07%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemerintah Akan Segera Tentukan Lokasi Bandara VVIP di IKN Nusantara


Minggu, 22 Januari 2023 / 11:04 WIB
Pemerintah Akan Segera Tentukan Lokasi Bandara VVIP di IKN Nusantara
ILUSTRASI. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Jumat (20/1), meninjau lokasi bakal dibangunnya dermaga wisata dan bandara VVIP yang berada di wilayah Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan.


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Perhubungan tengah melakukan koordinasi dengan TNI AU, Kementerian PUPR, dan pihak terkait lainnya untuk menetapkan lokasi dari beberapa alternatif lokasi bandara VVIP di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Jumat lalu (20/1), Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau lokasi bakal bandara VVIP di IKN yang nantinya akan digunakan untuk melayani tamu-tamu kenegaraan.

"Kami melakukan overview dengan helikopter melihat beberapa titik yang menjadi alternatif lokasi bandara VVIP yang juga akan menjadi pangkalan udara TNI AU,” ucap Budi dalam keterangan tertulis, Jumat (20/1).

Budi mengatakan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sedang mengumpulkan data-data untuk penentuan lokasi yang akan dipilih sebagai bandara VVIP.

"Semoga dalam waktu dekat ini sudah bisa kita tentukan lokasinya,” tutur Budi.

Baca Juga: Terus Dikebut, Jalan Lingkar Sepaku di IKN Nusantara Akan Kelar Mei 2024

Selain tinjau beberapa alternatif lokasi bandara VVIP, Ia juga meninjau bakal lokasi yang akan dibangun dermaga wisata di IKN.

Kunjungan tersebut merupakan bagian dari langkah Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan perencanaan pembangunan dan pengembangan sarana dan prasarana transportasi di IKN. Dimana hal tersebut menjadi salah satu program prioritas pada tahun 2023.

Adapun sejumlah infrastruktur transportasi yang akan dibangun di IKN yaitu dermaga wisata, bandara VVIP, dan transportasi ramah lingkungan.

Untuk pelabuhan, Budi mengatakan, ada tiga alternatif lokasi. Namun kini sudah memutuskan satu lokasi, yaitu di daerah Punggur yang berada sekitar 9 km dari IKN.

Ia menambahkan, dengan jarak dan waktu tempuh yang tidak terlalu jauh antara Punggur dan Balikpapan, akan memudahkan aksesibilitas kedua daerah.

"Ditambah lagi, di lokasi tersebut juga memiliki pemandangan laut yang indah. Dermaga ini nantinya akan dilengkapi dengan fasilitas kapal wisata, dan area untuk kuliner dan fasilitas lainnya yang menarik bagi wisatawan,” ucapnya.

Baca Juga: Menhub Dorong Percepatan Penyelesaian Jalur Kereta Api Maros ke Mandai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×